Penulis Utama : Sujiningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X5117021
Tahun : 2020
Judul : Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Remedial Teaching Bagi Siswa Tunagrahita Ringan Kelas III SLB-C Dharma Wanita Lebo Sidoarjo Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Luar Biasa - X5117021 - 2020
Subyek : REMEDIAL TEACHING, MATEMATIKA, TUNAGRAHITA RINGAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika melalui pembelajaran remedial bagi siswa kelas III SLB-C Dharma wanita Lebo Sdoarjo tahun pelajaran 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus, yaitu siklus 1, siklus 2 dan siklus 3 Subjeknya adalah peserta didik tunagrahita ringan kelas III C SLB C Dharma Wanita Lebo Sidoarjo yang berjumlah tiga siswa berjenis kelamin perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi dan observasi.
Analisis data yang digunakan adalah statistik teknik analisa kuantitatif dengan persentase dan analisa deskriptif kualitatif. Peningkatan hasil belajar peserta didik ditunjukkan dengan nilai rata-rata dan kriteria ketuntasan minimal (KKM). Sebelum dilaksanakan tindakan, pada saat pretest nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik tunagrahita kelas III sebesar 57 dengan persentase ketuntasan belajar peserta didik sebesar 0%. Setelah itu dilakukan tindakan pada siklus I yang dibuat sebanyak 2 kali pertemuan. Dari dua kali pertemuan yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata peserta sebesar 60 dengan presentase sebesar 33,33%. Selanjutnya dilakukan tindakan pada siklus II nilai rata-rata peserta didik sebesar 63,3 dengan persentase ketuntasan peserta didik sebesar 66,66%. Dilanjutkan pada siklus III dengan nilai rat-rata peserta didik sebesar 73 ?ngan presentasi ketuntasan peserta didik sebesar 100%.
Berdasarkan  pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui media Remedial Teaching dapat meningkatkan kemampuan menjumlah sampai 10 bagi siswa tunagrahita ringan kelas III C semester I di SLB C Dharma Wanita Lebo Sidoarjo tahun pelajaran 2019/ 2020.

Kata Kunci: Remedial Teaching, matematika, tunagrahita ringan

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dewi Sri Rejeki, S.Pd., M.Pd
2. Mohammad Anwar, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP