Penulis Utama : Susilo Budiyanto
NIM / NIP : X5117023
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan koordinasi mata dan tangan melalui olahraga bola voli adaptif bagi siswa tunagrahita sedang kelas IV semester II SLB/C Dharma Wanita Lebo Sidoarjo tahun pelajaran 2019/2020.
Pendekatan  penelitian yang  yang digunakan  adalah  Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas tempat mengajar dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan praktik dan proses dalam pembelajaran olahraga. Subjek penelitian ini adalah siswa tunagrahita kelas IV semester II  SLB/C Dharma Wanita Lebo Sidoarjo  tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah tiga iswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Teknik analisis data digunakan analisis deskriptif komparatif, yakni membandingkan kemampuan koordinasi mata dan tangan melalui antar siklus, yang dianalisis adalah kemampuan koordinasi mata dan tangan sebelum melalui olahraga bola voli adaptif dan kemampuan koordinasi mata dan tangan setelah melalui olahraga bola voli adaptif sebanyak dua siklus.
Hasil pengolahan data dapat dijelaskan bahwa kemampuan koordinasi mata dan tangan awal rata-rata kelas 47,67 ketuntasan klasikal 0%, pada siklus I rata-rata kelas 69,67 ketuntasan klasikal mencapai 69,67%. Pada siklus II rata-rata kelas meningkat menjadi 83,33 ketuntasan klasikal mencapai 100%.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa olahraga bola voli adaptif dapat meningkatkan kemampuan koordinasi mata dan tangan bagi siswa tunagrahita sedang kelas IV semester II SLB/C Dharma Wanita Lebo Sidoarjo tahun pelajaran 2019/2020.

Kata kunci: Kemampuan Koordinasi Mata Dan Tangan, Olahraga Bola Voli Adaptif, Siswa Tunagrahita

 

×
Penulis Utama : Susilo Budiyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X5117023
Tahun : 2020
Judul : Upaya Meningkatkan Kemampuan Koordinasi Mata dan Tangan Melalui Olahraga Bola Voli Adaptif Siswa Tunagrahita Sedang Kelas IV Semester II SLB / C Dharma Wanita Lebo Sidoarjo Tahun Pelajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus KG Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Luar Biasa - X5117023 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Priyono, S.Pd., M.Si.
2. Mohammad Anwar, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.