Penulis Utama : Atanasia Gretta Rida Kusuma Anggita
NIM / NIP : I0116017
×

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-AU X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin:0cm; mso-para-margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:none; text-autospace:none; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi; mso-ansi-language:EN-US; mso-fareast-language:EN-US;} </style> <![endif]-->

ABSTRAK

Atanasia Gretta Rida Kusuma Anggita, 2020. Penerapan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP) dalam Memilih Apartemen Berdasarkan Preferensi Masyarakat di Kota Surakarta. Skripsi. Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Kota Surakarta merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang perkembangannya paling pesat. Dengan perkembangan yang demikian pesat, maka Kota Surakarta merupakan salah satu kota dengan pusat kegiatan perekonomian, perdagangan, pendidikan, kebudayaan, dan sektor informal lainnya. Keadaan ini di satu sisi menimbulkan masalah tempat tinggal bagi masyarakat tetapi di sisi lain merupakan peluang bagi kalangan developer atau pengembang untuk menyediakan sarana hunian dengan membangun apartemen yang dibutuhkan. Di sisi lain, karena perkembangan di berbagai sektor tersebut termasuk sektor investasi, banyak masyarakat yang memilih untuk berinvestasi dibidang properti di Surakarta yaitu dengan membeli apartemen lalu disewakan atau mengharapkan kenaikan harga yang signifikan saat mereka nanti menjualnya. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui preferensi masyarakat dalam memilih apartemen dan mengetahui faktor yang paling mempengaruhi preferensi masyarakat dalam memilih apartemen di Kota Surakarta.

Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan metode pembobotan. Untuk penilaian faktor-faktor, metode AHP digunakan sebagai acuan untuk perhitungan sebagai dasar dalam pembobotan alternatif. Pembobotan diberikan interval skala, sesuai dengan skala Likert. Sedangkan Program Software Microsoft Excel 2013 dipakai sebagai sistem untuk mengolah hasil keputusan dari hasil kuesioner yang telah dilakukan sebelumnya.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, menurut penulis diperoleh 5 faktor utama yang mempengaruhi masyarakat dalam memilih apartemen di Kota Surakarta antara lain: produk, persepsi harga, lokasi, fasilitas apartemen, dan legalitas. Setelah dilakukan pengolahan dengan metode F-AHP, faktor yang paling mempengaruhi masyarakat adalah faktor legalitas. Sedangkan untuk 3 subfaktor yang paling mempengaruhi masyarakat dalam memilih apartemen di Kota Surakarta yaitu status sertifikat lahan (HGB Murni/HPL) (14,92%), sertifikat kepemilikan unit (9,94%), dan harga (9,77%).

 

 

 

 

 

 

 

Kata Kunci : preferensi masyarakat, pemilihan apartemen, metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP)

 

×
Penulis Utama : Atanasia Gretta Rida Kusuma Anggita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0116017
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-Ahp) Dalam Memilih Apartemen Berdasarkan Preferensi Masyarakat Di Kota Surakarta Application Of Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-Ahp) Method In Choosing Apartments Based On Population Preferences In City Of Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta, - Fak. Teknik - 2020
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik.Jur. Teknik Sipil, I 0116017 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Setiono, S.T., M.Sc.,
2. Ir Sugiyarto, M.T.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.