Penulis Utama : Kasumawati
NIM / NIP : K2304004
×

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  efektivitas  remidiasi pembelajaran fisika dengan menggunakan  metode demonstrasi dilengkapi pemberian tugas dan remidiasi pembelajaran fisika dengan menggunakan metode diskusi yang disertai pemberian tugas pada pokok bahasan tekanan di  SMP.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Surakarta pada tahun ajaran 2009/2010. Dari jumlah  populasi penelitian yang terdiri dari 6 kelas, di ambil 2 kelas sebagai sampel, yaitu kelas VIIIA dan VIIIB. Kelas VIIIA diambil _     sebagai  kelas  eksperimen,   dan  kelas  VIIIB   sebagai  kelas  kontrol, sebanyak  40  siswa  dalam  masing-masing  kelas,  dan  sampel  di ambil  secara acak.  Teknik pengumpulan  data yang digunakan adalah teknik tes.  Tes diberikan dua kali, yang pertama adalah untuk mengetahui keadaan awal fisika siswa, dan yang  kedua  adalah  untuk   mengetahui   prestasi   belajar  fisika  siswa.   Teknik analisis   data   yang   digunakan   adalah   uji   t   satu   ekor   untuk   membedakan keefektifan antara pembelajaran remididasi dengan metode demonstrasi dan remidiasi dengan metode diskusi yang masing - masing kelas dilengkapi dengan pemberian tugas pada pokok bahasan Tekanan.
Hasil analisis  data diperoleh to= 2,495 > 1:(o,os; 61)  = 1,67,  sehingga dapat

disimpulkan  bahwa  remidiasi  menggunakan  metode  demonstrasi  disertai  tugas lebih  efektif dibanding dengan menggunakan  metode  diskusi disertai tugas untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa.

×
Penulis Utama : Kasumawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2304004
Tahun : 2010
Judul : Remidiasi Pembelajaran Fisika dengan Menggunakan Metode Demonstrasi dilengkapi Pemberian Tugas pada Pokok Bahasan Tekanan di SMP
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2010
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Fisika - K2304004 - 2010
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sutadi Waskito M. Pd
2. Drs. Edy Wiyono, M. Pd
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.