Penulis Utama : Anggit Putri Natasa
NIM / NIP : K7117020
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran pada Era Pandemi Covid-19 di SD Negeri 2 Karangsari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket, observasi, wawancara dan dokumen untuk mendapatkan data tentang pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran pada Era Pandemi Covid-19 di SD Negeri 2 Karangsari. Analisis data menggunakan model analisis data menurut Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, pendidikan karakter dalam pembelajaran di SD Negeri 2 Karangsari sudah terlaksana dalam kategori cukup. Kedua, karakter yang membudaya yaitu karakter nasionalis, karakter dengan kategori berkembang yaitu karakter religius dan gotong royong sedangkan karakter yang mulai berkembang yaitu karakter mandiri dan integritas. Ketiga, faktor yang memengaruhi karakter siswa di SD Negeri 2 Karangsari yaitu prestasi siswa, jenis kelamin, usia, kondisi fisik, motivasi siswa, keharmonisan keluarga, intensita bersama orang tua, interaksi antara guru dan siswa, fasilitas sekolah, lingkungan masyarakat dan letak geografis tempat tinggal siswa. Keempat, dalam pelaksanaan pendidikan karakter terdapat kendala dalam mengimplementasikan kepada siswa yaitu kurangnya motivasi pada siswa, kurangnya fasilitas belajar, dan kurangnya media pembelajaran. Kelima, upaya yang dilakukan guru dalam menangani kendala pelaksanaan pendidikan karakter yaitu bekerja sama dengan orang tua, komite sekolah dan lembaga pendidikan, memotivasi siswa, dan mengikuti pelatihan online membuat media pembelajaran inovatif.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian tersebut adalah pelaksanaan pendidikan di SD Negeri 2 Karangsari pada Era Pandemi Covid-19 sudah terlaksana dengan kategori cukup. Karakter yang membudaya yaitu karakter nasionalis, karakter dengan kategori berkembang yaitu karakter religius dan gotong royong sedangkan karakter yang mulai berkembang yaitu karakter mandiri dan integritas. Faktor yang memengaruhi karakter siswa di SD Negeri 2 Karangsari yaitu prestasi siswa, jenis kelamin, usia, kondisi fisik, motivasi siswa, keharmonisan keluarga, intensita bersama orang tua, interaksi antara guru dan siswa, fasilitas sekolah, lingkungan masyarakat dan letak geografis tempat tinggal siswa. Pelaksanaan pendidikan karakter mengalami kendala dan perlu adanya upaya untuk mengatasi kendala pelaksanaan pendidikan karakter.

Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Pembelajaran Daring, Covid-19

 

×
Penulis Utama : Anggit Putri Natasa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7117020
Tahun : 2021
Judul : Analisis Pelaksanaan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran pada Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SD Negeri 2 Karangsari)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7117020 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Kartika Chrysti Suryandari, M.Si
2. Dr. Suhartono, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.