Penulis Utama : Annisa Puspitaning Tiyas
NIM / NIP : K7117025
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengenai penerapan penilaian otentik di SD Ta’mirul Islam Surakarta, serta untuk mengetahui sejauh mana kesesuaian antara penilaian otentik yang diterapkan dengan Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar.
Penelitian ini merupakan penelitiankualitatif  deksriptif. Sumber data berasal dari guru kelas IV H, dokumen penilaian dan Kepala Sekolah.Subjek utama dalam penelitian ini adalah guru kelas IV H SD Ta’mirul Islam Surakarta serta objek utama berupa dokumen penilaian.Teknik pengumpulan data yang digunakandengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumen.Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis data model Miles dan Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan penilaian otentikdari hasil observasi, wawancara dan studi dokumen, guru menerapkan tiga aspek penilaian.Pertama, aspek sikap dengan menggunakan teknik penilaian observasi, diri sendiri, dan teman sebaya.Kedua, aspek pengetahuan dengan menggunakan teknik penilaian tes tertulis, tes lisan, dan penugasan.Ketiga, aspek keterampilan dengan menggunakan teknik penilaian unjuk kerja dan proyek. Simpulan penelitian ini adalah guru telah menerapkan penilaian pada Kurikulum 2013 berdasarkan Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar  yang diterbitkan oleh Kemendikbud, namun dalam pelaksanaannya belum semua diimplementasikan.

Kata Kunci: Penilaian Otentik, sikap, pengetahuan, dan keterampilan

 

×
Penulis Utama : Annisa Puspitaning Tiyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7117025
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup pada Kelas IV di SD Ta’mirul Islam Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7117025 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Chumdari, M.Pd.
2. Karsono, S.Sn., M.Sn.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.