Penulis Utama : Annisa Rahmawati
NIM / NIP : K7117026
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran dan teori belajar kontruktivisme selama kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dan menggunakan pendekatan studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas V dan siswa kelas V SD Negeri Tunggulsari II Surakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Data dianalisis dengan model analisis data Miles dan Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa selama kegiatan pembelajaran online guru tetap menggunakan media pembelajaran untuk membantu memberikan materi ajar. Media yang digunakan guru lebih disederhanakan dan disesuaikan dengan kondisi dan fasilitas yang dimiliki siswa. Teori belajar konstruktivisme selama pembelajaran sudah mencakup terlihat dari siswa mencari, menggali, dan menemukan sendiri pengetahuan baru.
 Rangkaian kegiatan selama pembelajaran online yang diterapkan oleh guru sudah sesuai dengan pembelajaran kurikulum 2013. Proses pembelajaran yang dilakukan guru juuga sudah mencerminkan pembelajaran tematik. Hasil penelitian ini juga dapat digunakan untuk menambah wawasan guru tentang penggunaan media selama pembelajaran online dan teori belajar konstruktivisme yang dapat diterapkan selama pembelajaran mampu menjadikan siswa lebih aktif.


Kata Kunci : Media pembelajaran, teori belajar konstruktivisme, sekolah dasar

 

×
Penulis Utama : Annisa Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7117026
Tahun : 2020
Judul : Analisis Penggunaan Media Pembelajaran pada Tema 5 Ekosistem Ditinjau dari Teori Belajar Konstruktivisme di Kelas V SD Negeri Tunggulsari II Tahun Pelajaran 2020/2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7117026 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Chumdari, M.Pd.
2. Karsono, S.Sn., M.Sn.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.