Penulis Utama : Aprilia Anggraini Puspa Kinasih
NIM / NIP : K7117027
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penggunaan media pembelajaran dalam Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku dan mendeskripsikan kesesuaian antara jenis-jenis media yang digunakan dengan gaya belajar siswa dalam pembelajaran Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku kelas IV F SD Ta’mirul Islam Surakarta tahun ajaran 2019/2020.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian kualitatif deskriptif dan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV F yang berjumlah 24 siswa SD Ta’mirul Islam Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis interaktif dari Miles dan Huberman yang dilakukan dalam tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran dalam Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku sudah sesuai dengan prinsip dan pertimbangan dalam penggunaan media pembelajaran.. Manfaat yang dialami siswa dengan menggunakan media pembelajaran adalah nilai rata-rata ulangan harian Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku sudah diatas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Kecenderungan gaya belajar yang dimiliki siswa kelas IV F berbeda-beda, dari dua puluh empat siswa ada dua belas siswa dengan gaya belajar visual, tujuh siswa dengan gaya belajar auditorial, dan lima siswa dengan gaya belajar kinestetik. Media pembelajaran yang digunakan dalam Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku ada tujuh belas media pembelajaran. Dari tujuh belas media pembelajaran yang digunakan, sepuluh media pembelajaran memfasilitasi gaya belajar visual, empat media pembelajaran memfasilitasi gaya belajar visual dan auditorial, serta tiga media pembelajaran memfasilitasi gaya belajar kinestetik.

Kata kunci : media pembelajaran, Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku, dan gaya belajar siswa

 

×
Penulis Utama : Aprilia Anggraini Puspa Kinasih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7117027
Tahun : 2021
Judul : Penggunaan Media dalam Pembelajaran Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa di Kelas IV F SD Ta’mirul Islam Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7117027 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Chumdari, M.Pd.
2. Karsono, S.Sn., M.Sn.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.