Penulis Utama : Ayu Retno Wulandari
NIM / NIP : K7117037
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisi bentuk tugas belajar bahasa Indonesia Tema 5 selama pandemi Covid-19 dan permasalahan yang ditemui siswa kelas V SD N 02 Sapen Sukoharjo tahun ajaran 2020/2021.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD N 02 Sapen Sukoharjo yang berjumlah 21 siswa.. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, angket, dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dengan teknik analisis interaktif. Prosedur penelitian menggunakan pendapat Moleong.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk tugas belajar bahasa Indonesia tema 5, tugas menyimak monolog antara lain menyimak penjelasan dari guru berupa video-video pembelajaran yang disampaikan guru melalui whatsapp group. Bentuk tugas membaca berupa membaca perceptif, membaca selektif, dan membaca interaktif. Bentuk tugas menulis berupa menulis intensif. Permasalahan yang ditemui siswa paling tinggi barupa masalah sarana yaitu berupa gawai. Sebagian besar peserta didik masih menggunakan gawai orang tua.
    
Kata kunci :
Bentuk tugas, Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar

 

×
Penulis Utama : Ayu Retno Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7117037
Tahun : 2021
Judul : Analisis Bentuk Tugas Belajar Bahasa Indonesia Tema 5 yang Dikerjakan di Rumah Selama Pandemi Covid-19 (Pada Siswa Kelas V SD N 02 Sapen Sukoharjo Tahun Pelajaran 2020/2021)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7117037 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sukarno, M.Pd,
2. Drs. Muhammad Ismail Sriyanto, M.Pd,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.