Penulis Utama : Deanisa Adilla Putri
NIM / NIP : K7117042
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan belajar pemecahan masalah matematika berdasarkan Newman Procedure pada peserta didik kelas 5A SDN Bratan 1 Surakarta tahun pelajaran 2020/2021. Salah satu tujuan pembelajaran Matematika di Indonesia adalah pemecahan maslaah. Penelitian ini akan menganalisis kesulitan belajar pemecahan masalah matematika peserta didik ditinjau dari langkah pemecahan masalah Newman Procedure.
Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah kualitatis deskriptif. Subjek penelitian merupakan peserta didik SDN Bratan 1 Surakarta kelas 5A yang terdiri atas 6 peserta didik. Pemilihan subjek telah disesuaikan dengan kriteria penelitian yang telah ditetapkan. Teknik pengambilan data dilakukan melalui wawancara, studi dokumentasi, dan angket. Uji validitas pada penelitian ini menggunakan triagulasi teknik. Analisis data menerapkan analisis data Miles dan Huberman yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarika kesimpulan.
Hasil penelitian menampilkan bahwa peserta didik dapat membaca soal dengan baik, memahami soal dengan baik, serta melakukan transformasi dengan baik. Peserta didik cukup mampu menerapkan langkah keterampilan proses dan penulisan jawaban karena masih terdapat peserta didik yang mengalami kesalahan dalam menindaklanjuti rumus yang telah dipilihnya. Hal ini menyebabkan jawaban akhir hasil pengoperasian menjadi tidak tepat. Namun, secara keseluruhan peserta didik dapat menerapkan langkah pemecahan masalah matematika dengan baik meskipun beberapa peserta didik masih mengalami kendala dalam proses pengoperasian.

Kata Kunci: kesulitan belajar, peserta didik, pemecahan masalah, prosedur Newman

 

×
Penulis Utama : Deanisa Adilla Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7117042
Tahun : 2020
Judul : Analisis Kesulitan Belajar Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Newman Procedure pada Peserta Didik Kelas V SDN Bratan 1 Tahun Pelajaran 2020/2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7117042 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Retno Winarni, M.Pd.
2. Anesa Surya, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.