Penulis Utama : Cysha Dyah Ayu Saraswati
NIM / NIP : K7117048
×

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis cara belajar Tema Berbagai Pekerjaan peserta didik kelas IV SDN Bayan Purworejo di rumah dan kendala selama belajar di rumah serta untuk mendeskripsikan pemecahan masalah dari kendala tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan pendekatan fenomenologi. Data primer dalam penelitian ini berupa hasil angket peserta didik kelas IV SDN Bayan Purworejo serta hasil wawancara dari orang tua dan peserta didik kelas IV SDN Bayan Purworejo. Sedangkan untuk data sekunder berupa studi dokumen identitas peserta didik dan profil SDN Bayan Purworejo. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi dan triangulasi. Dalam penelitian ini digunakan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukan peserta didik kelas IV SDN Bayan Purworejo dalam belajar Tema Berbagai Pekerjaan di rumah menggunakan cara belajar membuat jadwal dan pelaksanaanya, membaca buku, membuat catatan, dan mengerjakan tugas. Selama belajar di rumah juga ditemui berbagai kendala karena kurangnya persiapan sarana maupun prasarananya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa selama belajar Tema Berbagai Pekerjaan yang dilaksanakan di rumah, jumlah peserta didik kelas IV SDN Bayan Purworejo tahun pelajaran 2020/2021 yang belajar dengan cara membuat jadwal dan pelaksanaannya sebanyak 50% atau 11 peserta didik, cara membaca buku sebanyak 68% atau 15 peserta didik, cara membuat catatan sebanyak 31% atau 7 peserta didik, dan cara mengerjakan tugas sebanyak 50% atau 11 peserta didik. Selama kegiatan belajar di rumah berlangsung, kendala yang dihadapi yakni keterbatasan alat penunjang belajar, kedisiplinan peserta didik untuk belajar rendah, dan peserta didik kesulitan memahami materi. Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut ada beberapa solusi yaitu dengan pelaksanaan kegiatan belajar bersama dengan pembatasan jumlah peserta didik dalam kelompok, orang tua peserta didik tegas dalam membuat jadwal tertulis/tidak agar kegiatan sehari-hari peserta didik dapat terkontrol, serta apabila peserta didik kesuliatan memahami materi dapat bertanya kepada orang tua/saudara/guru kelas.

Kata Kunci : Cara belajar, kendala belajar di rumah, solusi, sekolah dasar

 

×
Penulis Utama : Cysha Dyah Ayu Saraswati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7117048
Tahun : 2021
Judul : Analisis Cara Belajar Tema Berbagai Pekerjaan di Rumah pada Peserta Didik Kelas IV SDN Bayan Purworejo Tahun Ajaran 2020/2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7117048 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sukarno, M.Pd,
2. Drs. Muhammad Ismail Sriyanto, M.Pd,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.