Penulis Utama : Dian Kurniasari
NIM / NIP : K7117059
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan muatan Lembar Kerja Peserta Didik Tema 1 yang digunakan oleh guru kelas V ditinjau dari kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan di SD Negeri Karangasem IV Surakarta. Penelitian ini mendeskripsikan apakah lembar kerja peserta didik yang digunakan telah sesuai dengan standard kelakayan LKPD.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatf deskriptif. Data di dalam penelitian diperoleh melalui skor penilaian kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik yang digunakan guru kelas V di SD Negeri Karangasem IV Surakarta. Teknik pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling, sampel dalam penelitian ini yaitu Lembar Kerja Peserta Didik Tema 1 yang digunakan guru kelas V. Teknik pengambilan data dilakukan dengan studi dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber data dianalisis menggunakan standard kelayakan BSNP (2014) dan syarat kelayakan LKPD menurut Hendro Darmodjo dan Jenny R.E Kaligis.
Hasil  penelitian ini menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik mampu memenuhi standard indicator penilaian yang ditentukan. Hasil persentasiskor pada syarat kelayakan sebesar 92,21%, aspek kelayakan isi memperolehskor sebesar 96,56%, aspek penyajian memperoleh skor sebesar 99,21%, aspek kebahasaan memperoleh skor sebesar 91,27%, dan aspek kegrafikan memperoleh skor sebesar 100%. Lemba Kerja Peserta Didik yang digunakan guru layak digunakan untuk membantu pembelajaran.

Kata Kunci:Kelayakan, Lembaar Kerja Peserta Didik, Sekolah Dasar, Bsnp

 

×
Penulis Utama : Dian Kurniasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7117059
Tahun : 2020
Judul : Analisis Lembar Kerja Peserta Didik Tema 1 Kelas V Ditinjau dari Kelayakan Isi, Kebahasaan, Penyajian, dan Kegrafikan di SD Negeri Karangasemi Tahun Ajaran 2020/2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7117059 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Jenny Indrastoeti Siti P, M.Pd.
2. Dr. Sukarno, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.