Penulis Utama : Dwi Puspitasari Cahyaningrum
NIM / NIP : K7117062
×

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai moral yang terkandung dalam dongeng pada buku siswa kelas II SD tema 7 “Kebersamaan” kurikulum 2013. Nilai moral yang dimaksud yaitu nilai moral hubungan antara manusia dengan diri sendiri, hubungan manusia dengan sesama, hubungan manusia dengan alam sekitar, dan hubungan antara manusia dengan Tuhan. Nilai moral tersebut terkandung di dalam dongeng sebagai alternatif cara yang dapat digunakan untuk menanamkan nilai moral kepada peserta didik.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode analisis konten. Objek penelitiannya yaitu nilai moral yang terdapat dalam 10 dongeng pada buku siswa kelas II SD tema 7. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar analisis dokumen yang disusun berdasarkan landasan teori tentang muatan nilai moral. Teknik analisis data dimulai dengan data yang sudah dikumpulkan, direduksi, dideskripsikan, diiterpretasikan, dianalisis, kemudian disimpulkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa wujud nilai moral dalam hubungan manusia dengan diri sendiri terdiri dari kejujuran, kerja keras, bertanggung jawab, pantang menyerah, rasa ingin tahu, bijaksana, sabar, cerdik, dan disiplin. Nilai moral yang paling banyak ditemukan yakni nilai moral rasa ingin tahu. Wujud nilai moral hubungan manusia dengan sesama terdiri dari saling menghargai, peduli sesama, sopan santun, cinta damai, kasih sayang, bersahabat, kerja sama, saling percaya, dan pemaaf. Nilai moral yang sering muncul yaitu bersahabat. Wujud nilai moral hubungan dengan alam sekitar yaitu mencintai lingkungan. Wujud nilai moral hubungan manusia dengan Tuhan yakni bersyukur. Berdasarkan keempat wujud nilai moral tersebut, guru dapat menjadikan dongeng sebagai alternatif untuk menanamkan nilai moral kepada peserta didik.

Kata Kunci: Nilai Moral, Dongeng, Buku Siswa

 

×
Penulis Utama : Dwi Puspitasari Cahyaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7117062
Tahun : 2020
Judul : Analisis Muatan Nilai Moral dalam Dongeng pada Buku Siswa Kelas II SD Tema 7 “Kebersamaan” Kurikulum 2013
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7117062- 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Retno Winarni, M.Pd.
2. Anesa Surya, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.