Penulis Utama : Elok Dwi Pratidina
NIM / NIP : K7117069
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter era 4.0 pada peserta didik kelas III SDN Kerten II No. 243 Surakarta tahun ajaran 2020/2021.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN Kerten II No. 243 Surakarta tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah tujuh peserta didik. Data pelaksanaan pendidikan karakter diperoleh dari guru dan peserta didik.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket, wawancara dan observasi. Dan peneliti melakukan observasi langsung ke lapangan untuk mengamati hasil pelaksanaan pendidikan karakter. Dengan menggunakan delapan indikator pendidikan karakter yaitu religius, jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, percaya diri dan kerjasama. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles-Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua indikator tersebut berada pada kategori baik. Nilai karakter yang paling terlihat adalah nilai religius dan yang kurang adalah tanggung jawab. Kendaladalam pengimplementasian pendidikan karakter berasal dari dalam dan dari luar. Kendala dari dalam yaitu kurangnya perhatian anak selama implementasi pendidikan karakter karena lebih suka menghabiskan waktu dengan gadget sedangkan kendala dari luar yaitu kurangnya perhatian orang tua dan indikator penilaian karakter yang masih sulit terukur. Solusi yang diberikank yaitu memberikan batasan kepada anak dalam memanfaatkan teknologi, meningkatkan hubungan baik dengan orang tua dan merancang kembali indikator penilaian karakter yang mudah terukur. Simpulan penelitian ini adalah implementasi pendidikan karakter di era 4.0 pada peserta didik kelas III SD Negeri Kerten II No. 243 Surakarta sudah baik.

Kata kunci: Pendidikan Karakter, Nilai Karakter, Era 4.0 Dan Sekolah Dasar.

 

×
Penulis Utama : Elok Dwi Pratidina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7117069
Tahun : 2021
Judul : Implementasi Pendidikan Karakter di Era 4.0 pada Peserta Didik Kelas III SD Negeri Kerten II No. 243 Surakarta Tahun Ajaran 2020/2021 (Penelitian Deskriptif Kualitatif di Kelas III SD Negeri Kerten II No. 243 Surakarta TahunAjaran 2020/2021)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7117069 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Marmoah, M.Pd.
2. Dra. Sularmi, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.