Penulis Utama : Evrita Nurdiana Anggita Sari
NIM / NIP : K7117072
×

Tujuan penelitian ini untuk mendeksripsikan pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi menemukan gagasan pokok dan motivasi belajar siswa dalam menemukan gagasan pokok paragraf pada siswa kelas IV D SD Djamaatul IchwanSurakarta. Tujuan ini berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi covid seperti ini. Permasalahan yang terjadi adalah kondisi belajar siswa dalam pembelajaran home teaching maupun daring.  Permasalahan tersebut dapa diatasi dengan adanya motivasi belajar yang dimiliki siswa.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini memiliki tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penyelesaian penelitian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV D SD Djama’atul Ichwan Surakarta tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 28siswa dan guru kelas sebagai narasumber. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif  Miles-Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 siswa yang memiliki motivasi tinggi dan 3 siswa yang memiliki motivasi rendah.  Indikator yang belum terpenuhi oleh sebagian besar subjek adalah pemanfaatan waktu dengan baik, sedangkan indikator yang dipenuhi oleh seluruh subjek adalah mampu bekerja dengan mandiri. Motivasi belajar memengaruhi usaha subjek dalam menemukan gagasan pokok, sehingga didapat bahwa subjek mampu menjawab 5 gagasan pokok dengan tepat (1), 4 gagasan pokok (1), 3 gagasan pokok (1), 2 gagasan pokok (1), dan belum mampu menemukan seluruh gagasan pokok (2).  Jenis motivasi yang dimiliki keenam subjek adalah motivasi eksternal.
Penelitian ini diharapkan menambah wawasan pengetahuan untuk guru, siswa, dan sekolah dalam mengetahui motivasi belajar siswa dalam menemukan gagasan pokok pada paragraf. Saran yang diberikan adalah perlunya kesadaran belajar siswa dan penggunaan media atau model yang bervariatif dalam menjelaskan materi gagasan pokok.

Kata Kunci: Motivasi Beajar, Gagasan Pokok, Paragraf

 

×
Penulis Utama : Evrita Nurdiana Anggita Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7117072
Tahun : 2020
Judul : Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Menemukan Gagasan Pokok pada Paragraf Teks Bacaan Kelas IV D SD Djamaatul Ichwan Surakarta Tahun Ajaran 2020/2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7117072 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rukayah, M.Hum.,
2. Dra. Siti Kamsiyati, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.