Penulis Utama : Hendriyatno Tris Prananto
NIM / NIP : X4712882
×

Penelitian  ini bertujuan untuk  meningkatkan hasil belajar kemampuan gerak  dasarlari  clan lompat     bahwa     siswa  kelas  IV  SON  II  Gunturharjo Kecamatan  Paranggupito  Kabupaten  Wonogiri  tahun  pelajaran  2013  I  2014 melalui media  pembelajaran yang dimodifikasi.

Penelitian  ini menggunakan metode Penelitian  Tindakan Kelas  (PTK). Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas IV SON II Gunturharjo Kecamatan Paranggupito  Kabupaten  Wonogiri  tahun  pelajaran  2013/2014,  berjumlah  12 siswa yang terdiri atas 8 siswa putra dan 4 siswa putri. Teknik pengumpulan data adalah dengan pengamatan, kajian dokumen  clan observasi. Teknik analisis data yang  digunakan   dalam penelitian ini  adalah  secara deskriptif komparatif yang didasarkan pada analisis kuantitatif dengan prosentase.
Hasil  penelitian   menunjukkan    bahwa   terjadi  peningkatan    basil   be}ajar yang signifikan dari prasiklus ke siklus I clan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar kemampuan gerak dasar lari clan lompat  sebelum tindakan atau prasiklus menunjukkan sebanyak 30% siswa dalam kategori tuntas. Pada siklus I  terjadi peningkatan   33,3%  sehingga  jumJah  siswa dalam  kategori  tuntas menjadi  66,6%  . Kemudian siklus II terjadi peningkatan 33,3 ?ri siklus I menjadi   100% yang termasuk dalam kategori tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: penerapan alat bantu  pembelajaran     dapat  meningkatkan    basil  belajar  kemampuan   gerak dasar lari clan lompat  siswa kelas IV SON II Gunturharjo tahun pelajaran 2013/2014.

Kata  Kunci  :    Pembelajaran  Penjas,  Alat  Bantu  Pembelajaran,  Basil
Belajar Siswa

×
Penulis Utama : Hendriyatno Tris Prananto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X4712882
Tahun : 2014
Judul : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Atletik Lari dan Lompat Melalui Alat Bantu Pembelajaran Pada Siswa Kelas IV SD Negeri IT Gunturharjo Kecamatan Paranggupito Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2013 I 2014
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2014
Program Studi : S-1 PPKHB Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi - X4712882 - 2014
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Djoko Nugroho, S.Pd., M.Or
2. Rumi Iqbal Doewes, S.Pd., M.Or.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.