Penulis Utama : Febriana Hendra Watik
NIM / NIP : K7117077
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) khususnya bidang peserta didik berdasarkan 3 pilar MBS yaitu manajemen sekolah, PAIKEM, dan peran serta masyarakat.  
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus. Sumber data berasal dari kepala sekolah, guru kelas, komite sekolah, dan wali murid kelas I sampai dengan kelas VI. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode dan sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis tema. Prosedur penelitian dilakukan dengan 3 tahap yakni, tahap penelitian pendahuluan, penelitian sebenarnya, dan penulisan laporan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Negeri Kusumodilagan telah menerapkan 3 pilar Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dengan baik. Pihak sekolah mampu melaksanakan manajemen sekolah khususnya bidang peserta didik dengan melibatkan kerjasama pihak-pihak terkait. Keseluruhan guru sudah melaksanakan PAIKEM di SD Negeri Kusumodilagan dengan memanfaatkan sumber daya yang ada disekitar. Selain itu, peran serta masyarakat meningkat dibanding tahun ajaran sebelumnya. Wali murid, komite sekolah, DUDI, dan Dinas Kesehatan saling memberikan dukungan bagi kelancaran program kegiatan yang diadakan oleh pihak sekolah.

Kata kunci : Manajemen Berbasis Sekolah, Bidang Peserta Didik, 3 Pilar MBS

 

×
Penulis Utama : Febriana Hendra Watik
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7117077
Tahun : 2021
Judul : Analisis Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah Bidang Peserta Didik Berdasarkan 3 Pilar MBS di SD Negeri Kusumodilagan Kota Surakarta Tahun 2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7117077 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Siti Wahyuningsih, M.Pd.
2. Dr. Suharno, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.