Penulis Utama : Fitri Istighfar Rini
NIM / NIP : K7117082
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesesuaian antara soal pembelajaran IPS semester 1 kelas IV di SD Negeri Kerten II Surakarta dengan konsep HOTS.
Penelitian ini merupakan kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah dokumen soal IPS semester I kelas IV SD Negeri Kerten II Surakarta tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 100 butir soal dengan 5 tema 2 subtema. Sumber data berasal dari guru kelas IV SD Negeri Kerten II Surakarta. Teknik pengumpulan data adalah dengan studi dokumen. Analisis dokumen yang dilakukan berupa pembacaan, pengamatan dan pencataan mengenai soal HOTS pada soal IPS kelas IV. Analisis data menggunakan teknik analisis isi guna menggali penerapan kriteria HOTS pada soal IPS kelas IV. Prosedur penelitian adalah dengan tahap persiapan, tahap pelaksaan, tahap analisis data dan tahap penyusunan laporan.
Hasil penelitian dengan menggunakan kriteria level berpikir menunjukkan bahwa presentase soal HOTS pada soal IPS sebanyak 9?ri 100 butirsoal yang disajikan, kriteria yang meliputi hanya C4 saja. Untuk kriteria level berpikir mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6) tidak memenuhi. Selain itu, penelitian ini menunjukkan stimulus dengan menggunakan penggalan kasus sebanyak 5 butirsoal, stimulus dengan gambar sebanyak 7 butir soal, stimulus dengan tabel sebanyak 1 butir soal dan sisanya tidak menggunakan stimulus sebanyak 87 butir soal. Dari hasil di atas bahwa soal IPS belum mencukupi jumlah presentase ideal penilaian pembelajaran pada aspek kognitif level menganalisis (C4) sebanyak 25%. Perbandingan hasil presentase tersebut serta jumlah stimulus yang tersebar pada soaldapatdisimpulkanbahwasoal IPS tersebutbelumtermasukkedalamsoal HOTS.

Kata kunci: Higher Order Thinking Skill, Pembelajaran Ips

 

×
Penulis Utama : Fitri Istighfar Rini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7117082
Tahun : 2020
Judul : Analisis Soal Higher Order Thinking Skill (Hots) Pembelajaran IPS Kelas IV SD Negeri Kerten II Surakarta Tahun Ajaran 2020/2021 (Penelitian Kualitatif pada Dokumen Soal IPS Kelas IV SD Negeri Kerten II Surakarta TahunAjaran 2020/2021)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7117082 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Marmoah, M.Pd.
2. Dra. Sularmi, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.