Penulis Utama : Hesti Yuni Ayu Lestari
NIM / NIP : K7117095
×

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan bahan ajar berbasis muatan lokal keanekaragaman motif batik di Kota Ngawi sebagai sumber belajar kelas 5 Sekolah Dasar. Bahan ajar digunakan untuk membantu pendidik dalam memberikan pembelajaran kepada peserta didik. Bahan ajar berupa buku ajar untuk mengenalkan motif batik khas Ngawi. Motif Ngawi yang dikenalkan dalam pengembangan bahan ajar yaitu motif tumbuhan batik Ngawi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (RnD) four-D. Penelitian ini memiliki empat tahapan yaitu Define, Design, Develop, dan Dessimate. Pelaksanaan penelitian ini hanya sampai tahap Develop yaitu uji terbatas. Proses pembuatan produk dilakukan dengan melaksanakan uji kelayakan produk oleh ahli media, ahli materi, dan ahli praktisi sebelum diujicobakan di lapangan. Subjek penelitian ini yaitu 5 peserta didik dan 2 guru sebagai responden. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Focus Group Discussion dengan wawancara terbuka, pengisian lembar angket, studi pustaka, dan analisis dokumen dengan analisis data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Hasil uji kelayakan produk ini dinyatakan layak oleh para ahli yaitu ahli media, ahli meteri dan ahli praktisi. Hasil penilaian ahli media yaitu 91% dan dalam kategori sangat baik. Hasil persentase penilaian dari ahli materi 88% dan masuk kategori sangat baik. Hasil uji kelayakan menyatakan produk layak untk diujicobakan di lapangan. Hasil pesentase ahli praktisi yaitu 87% dan dinyatakan dalam kategori sangat baik. Produk ini kemudian dilakukan uji coba terbatas dengan responden pesera didik kelas 5 dan guru di SDN Jogorogo 3 memperoleh hasil presentasi masing-masing 80% dan 90,67%. Maka pengembangan produk bahan ajar berupa buku ajar dikatakan valid dan dapat dapat  digunakan peserta didik.
 
Kata Kunci: bahan ajar, batik, motif batik Ngawi

 

×
Penulis Utama : Hesti Yuni Ayu Lestari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7117095
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Muatan Lokal Keanekaragaman Motif Batik di Kota Ngawi Sebagai Sumber Belajar Kelas 5 Sekolah Dasar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7117095 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Riyadi, M.Si.
2. Dra. Siti Kamsiyati, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.