Penulis Utama : Indah Arum Sari
NIM / NIP : K7117103
×

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring selama pandemi di SD Negeri Mangkubumen Lor No. 15 tahun ajaran 2020/2021. Subjek dalam penelitian ini yakni guru di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif dengan studi kasus. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara dengan guru, dokumentasi yang diperoleh dari guru, dan angket/kuesioner yang diisi orang tua. Uji validitas data menggunakan triagulasi teknik. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data interaktif menurut Miles, Huberman, dan Saldana. Analisis data interaktif setelah dilakukan pengumpulan data terdapat tahapan yang meliputi: (1) Reduksi Data; (2) Penyajian Data; dan (3) Penarikan Kesimpulan/Verifikasi.
Hasil penelitian yang dilakukan yakni kebutuhan guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring selama pandemi di SD Negeri Mangkubumen Lor No.15 tahun ajaran 2020/2021. Kebutuhan guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring berdasarkan hasil penelitian sebagai berikut: (1) Fasilitas pembelajaran daring, yang meliputi sarana dan prasarana yang perlu dimiliki guru untuk pelaksanaan pembelajaran; (2) Media pembelajaran daring, berupa aplikasi dan fitur untuk mentransfer ilmu kepada peserta didik; dan (3) Variasi model daring, yaitu pola pelaksanaan pembelajaran yang diimplementasikan supaya peserta didik mencapai tujuan pembelajaran serta tidak merasa bosan selama proses belajar. Hasil penelitian ini dapat menjadi pandangan bagi guru di sekolah dasar terkait kebutuhan guru untuk pelaksanaan pembelajaran daring selama pandemi dan pasca pandemi.

Kata Kunci: Kebutuhan Guru, Pembelajaran Daring, Sekolah Dasar

 

×
Penulis Utama : Indah Arum Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7117103
Tahun : 2020
Judul : Analisis Kebutuhan Bagi Guru dalam Proses Pelaksanaan Pembelajaran Daring Selama Pandemi (Studi Kualitatif di SD Negeri Mangkubumen Lor No. 15 Tahun Ajaran 2020/2021)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7117103 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Idam Ragil Widianto Atmojo, S.Pd., M.Si.
2. Dwi Yuniasih Saputri, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.