Penulis Utama : Bedjo Widodo
NIM / NIP : X4711022
×

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa-dalam pembelajaran  lompat tinggi,  melalui  pembelajaran  dengan penerapan  alat bantu bola gantung, kardus  dan tali karet  sehingga  siswa lebih berminat,  senang, dan memahami aktifitas Iompat tinggi  schingga tujuan pembelajaran tercapai.

Penelitian ini menggunakan metode Tindakan Kelas. Adapun subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Harjosari Lor 03, Kecamatan Adiwema,  Kabupaten  Tegal, Tahun  Pelajaran 2011  I 2012. Jumlah  subjek yang digunakan  dalam  penelitian  ini adalah  sebanyak  30  siswa, terdiri dari  17 siswa putra,  dan  13  siswa  putri.Data  hasil  penelitian  ini  berupa  basil  belajar  siswa mengenai  kemampuan  siswa  dalam  pembelajaran lompat tinggi  dalam  setiap kondisi yaitu  kondisi  awal, pembelajaran pada siklus 1, dan pembelajaran pada siklus ke 2. Hasil belajar siswa berbentuk score total yang diperoleh siswa dalam penilaian  dari setiap komponen pembelajaran lompat tinggi.  Penilaian diperoleh melalui lembar observasi yang diisi I dinilai oleh peneliti berdasarkan sikap basil belajar yang ditampilkan siswa pada saat pelaksanaan tes lompat tinggi.
 
Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  pembelajaran  dengan  alat  bantu bola  gantung,  kardus  dan  tali  karet  mampu  meningkatkan  basil  pembelajaran siswa pada materi lompat tinggi  secara optimal. Terdapat peningkatan pada siswa dari kondisi awal ke siklus  1   dan siklus 2, baik dari peningkatan  nilai rata-rata maupun  nilai  ketuntasan  hasil  belajar. 

Peningkatan  hasil  belajar lompat tinggi terjadi pada siklus I walaupun kurang optimal.Sedangkan  pada pelaksanaan siklus Il pembelajaran lompat tinggi meningkat menjadi lebih tinggi sehingga dapat melampaui target ketuntasan yang ditentukan.

Simpulan penelitian  ini adalah  alat bantu bola gantung,  kardus dan tali
karet  dapat  meningkatkan  basil  belajar  lompat  tinggi  pada  siswa  kelas  V  SD Negeri Harjosari lor 03.

 

Kata kunci:  Lompat tinggi, bola gantung, hasil belajar.

×
Penulis Utama : Bedjo Widodo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X4711022
Tahun : 2012
Judul : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Tinggi dengan Menggunakan Bola Gantung, Kardus dan Talikaret pada Siswa Kelas V SD Negeri Harjosari Lor 03 Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011 / 2012
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2012
Program Studi : S-1 PPKHB Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP, Jur. Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - X4711022 - 2012
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Febriani Fajar E. S. Pd, M. Or
2. Dra. Ismaryati, M. Kes
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.