Penulis Utama : Herlambang Prasetya Wati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7408219
Tahun : 2012
Judul : Upaya Peningkatan Kompetensi Akuntansi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Learning Dengan Tipe Think Pair Share (Tps) Pada Siswa Kelas X Akuntansi Smk Murni 2 Surakarta Tahon Ajaran 2011-2012
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2012
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP, Jur. Pendidikan Ekonomi - K7408219 - 2012
Subyek : PEMBELAJARAN KOOPERATIF, TIPE THINK PAIR SHARE (TPS), KOMPETENSI AKUNTANSI.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan  Penelitian ini adalah  untuk  mengetahui peningkatan    Kompetensi Akuntansi melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) pada siswa kelas X Akuntansi  SMK Mumi 2 Surakarta tahun ajaran 2011/2012.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian  Tindakan Kelas (classroom
action research). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Mumi 2
Surakarta yang berjumlah 25 siswa. Obyek penelitian  ini adalah berbagai kegiatan yang terjadi di  dalam kelas selama berlangsungnya proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara guru kelas,  peneliti dan melibatkan siswa. Sumber data yang digunakan dalam penelitian tindakan ini antara lain informan, tempat atau lokasi,  peristiwa clan dokumen atau arsip. Prosedur penelitian meliputi tahap: (I) persiapan, (2) penyusunan rencana tindakan,  (3) pelaksanaan tindakan,  (4) observasi. Proses penelitian ini  dilaksanakan dalam dua siklus,  masing-masing siklus terdiri dari empat tahap,  yaitu: (1) perencanaan tindakan,  (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan interpretasi, dan (4) analisis  dan refleksi. Siklus I  dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan dengan alokasi waktu 6 x 45 menit clan  siklus II dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan  dengan alokasi waktu 6 x 45 menit.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan,  dapat disimpulkan bahwa penggunaan model  pembelajaran kooperatif tipe  TPS  (Think Pair  Share)  dapat  meningkatan kompetensi  akuntansi (baik proses maupun hasil). Hal tersebut terefleksi  dari beberapa indikator sebagai berikut: (1) Aspek afektif siswa menunjukkan peningkatan dari
70,4%  pada  siklus  I   menjadi  85,6%  pada  siklus  II,  (2)  Aspek  kognitif  siswa
menunjukkan adanya peningkatan kompetensi akuntansi dari 68,00% pada siklus I menjadi 80,00% pada siklus II.  Peningkatan tersebut terjadi setelah guru melakukan beberapa upaya antara lain:  (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share), (2) guru membuat Rencana Pembelajaran lebih dahulu sebelum mengajar sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung dengan baik, (3) guru melakukan evaluasi setelah pelaksanaan  pembelajaran  untuk meningkatkan  kompetensi akuntansi  berikutnya.

Kata  kunci  :    pembelajaran kooperatif, tipe  think pair  share  (tps),  kompetensi akuntansi.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sigit Santoso, M.
2. Drs. Ngadiman, M. Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP