Penulis Utama : Khoirun Nisa
NIM / NIP : K7117116
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam memotivasi kegiatan belajar dari rumah di era COVID-19 pada peserta didik kelas VI SDN Tunggulsari II Surakarta.
Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik uji validitas data menggnakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif dari Miles and Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua memiliki peran penting dalam memotivasi kegiatan belajar dari rumah di era COVID-19 pada peserta didik kelas IV SDN Tunggulsari II Surakarta. Peran tersebut diwujudkan dalam bentuk memberikan fasilitas belajar, pemberian pujian dan hadiah, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, dan membimbing peserta didik dalam belajar. Kendala yang dihadapi orang tua dalam memotivasi kegiatan belajar dari rumah yaitu kendala finansial, penguasaan materi, kesibukan kerja, dan motivasi belajar peserta didik yang rendah karena lingkungan tidak terkondisi dalam situasi belajar. Usaha yang dilakukan orang tua untuk mengatasi masalah tersebut dengan cara pembimbingan dan pemantauan belajar, mendaftarkan anak  ke bimbingan belajar, pendidikan menabung, dan memperluas sumber belajar dari dunia maya.

Kata kunci: Peran Orang Tua, Motivasi Belajar, Dan Belajar Dari Rumah.

 

×
Penulis Utama : Khoirun Nisa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7117116
Tahun : 2020
Judul : Peran Orang Tua dalam Memotivasi Kegiatan Belajar dari Rumah di Era Covid-19 pada Peserta Didik Kelas IV SDN Tunggulsari Ii Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7117116 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Chumdari, M.Pd.
2. Karsono, S.Sn., M.Sn.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.