Penulis Utama : Putri Nur’aini
NIM / NIP : K7117186
×

Pelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan dampak meditasi terhda kemamuan peserta didik usia sekolah dasar dalam mengelola emosi diri. Cara untuk mengatasi kontrol emosi sehingga dapat meningkatkan kecerdasan emosi pada anak yaitu melalui Meditasi. Meditasi berpengaruh positif terhadap emosi individu.
Dalam penelitian ini, subjek yang akan diteliti adalah peserta didik kelas V SD Masjid Syuhada Yogyakarta dengan total 12 peserta didik. Metode yang digunakan pada peneltian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sumber data peneltian ini adalah pembimbing meditasi dan peserta didik kelas V SD Masjid Syuhada Yogyakarta. Teknik penambilan data dilakukan dnegan observasi, wawancara, dandokumentasi. Validasi data menggunakan triangulasi sumber dan triangul teknik. Analisis data dilakukan melalui teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa meditasi berdampak positif pada kemampuan peserta didik dalam mengelola emosi diri. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya kepercayaan diri, kecakapan emosi, kemampuan mengelola emosi di kelas, serta mampu mengungkapkan perasaan.

Kata Kunci : Dampak meditasi, emosi, peserta didik

 

×
Penulis Utama : Putri Nur’aini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7117186
Tahun : 2020
Judul : Analisis Dampak Meditasi Terhadap Kemampuan Peserta Didik Usia Sekolah Dasar dalam Mengelola Emosi Diri (Studi Kualitatif di Kelas V SD Masjid Syuhada Yogyakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7117186 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hasan Mahfud, M.Pd.
2. Roy Ardiansyah, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.