Penulis Utama : Rahajeng Andriyani Noer Arrafat
NIM / NIP : K7117189
×

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi peserta didik terhadap pembelajaran IPA yang dilaksanakan melalui dalam jaringan (daring) selama masa sindemi.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek yang akan diteliti adalah peserta didik kelas IV SD Angkasa Lanud Adi Soemarmo tahun ajaran 2020/2021 dengan total 16 peserta didik. Pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sumber data penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV SD Angkasa Lanud Adi Soemarmo. Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara. Validasi data menggunakan triangulasi  waktu. Analisis data dilakukan menggunakanMiles and Huberman melalui teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik merasa kesulitan dalam pembelajaran IPA yang dilaksanakan melalui dalam jaringan (daring). Pembelajaran IPA yang dilaksanakan selama masa sindemi yaitu hanya berupa pemberian tugas dan video youtube melalui whatsapp group milik orang tua peserta didik.  Pembelajaran IPA yang terlaksana di masa sindemi ini membuat peserta didik tida mengerti materi yang apa saja yang diberikan oleh guru. Pembelajaran IPA yang hanya memberikan tugas dan video youtube tanpa ada penjelasan tentang materi IPA yang disampaikan membuat peserta didik tidak dapat memahami materi yang sudah guru sampaikan.

Kata Kunci: Persepsi peserta didik, pembelajaran IPA daring, sindemi

 

×
Penulis Utama : Rahajeng Andriyani Noer Arrafat
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7117189
Tahun : 2020
Judul : Persepsi Peserta Didik Kelas IV SD Terhadap Pembelajaran IPA Melalui Dalam Jaringan (Daring) Selama Masa Sindemi (Studi Kualitatif di Kelas IV SD Angkasa Lanud Adi Soemarmo Tahun Ajaran 2020/2021)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7117189 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Idam Ragil Widianto Atmojo, S.Pd., M.Si.
2. Roy Ardiansyah, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.