Penulis Utama : Ridha Maharani
NIM / NIP : K7117192
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengelolaan kelas selama pembelajaran dari pada guru kelas di SD Negeri Karangasem No. 3 Surakarta serta mendeskripsikan hambatan yang dialami guru kelas dan upaya dalam mengatasinya. Saat ini, pembelajaran dilaksanakan secara daring dikarenakan adanya pandemi COVID-19. Hal tersebut menjadi tantangan dan juga masalah tersendiri bagi guru kelas dalam mengatur dan mengelola kelas agar pembelajaran secara daring dapat berjalan dengan efektif.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif etnografi dengan subjek penelitian terdiri dari enam guru kelas. Subjek penelitian diambil dengan cara purposive sampling. Objek penelitian ini berupa pengelolaan kelas pada guru kelas, hambatan  yang  dialami  guru  kelas,  serta  upaya mengatasi  hambatan  tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi metode dengan pengecekan derajat kepercayaan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data. Teknik analisis data dengan tahapan reduksi, paparan data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil  penelitian  menunjukkan  pengelolaan  kelas selama  pembelajaran daring pada guru  kelas  hampir semuanya belum  terlaksana  dengan  maksimal, namun  guru kelas IV dapat  melaksanakan  pembelajaran  secara maksimal  dan efisien. Hal tersebut disebabkan oleh guru kelas hampir semuanya belum melaksanakan pembelajaran secara variatif, tidak ada pemberian materi, penugasan cenderung luring, dll. Selain itu adanya penguasaan teknologi yang kurang pada guru kelas maupun wali murid, terbatasnya sarana belajar peserta didik, dll. juga menjadi pengaruh sekaligus hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Sehingga  kebanyakan  guru  kelas  hanya  dapat menyederhanakan  pembelajaran sesuai kondisi peserta didik maupun guru kelas.

Kata Kunci: pengelolaan kelas, pembelajaran daring, pandemi COVID-19.

 

×
Penulis Utama : Ridha Maharani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7117192
Tahun : 2020
Judul : Analisis Pengelolaan Kelas Selama Pembelajaran Daring pada Guru Kelas di SD Negeri Karangasem No. 3 Surakarta Tahun Ajaran 2020/2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7117192 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Siti Istiyati, M. Pd.
2. Hadiyah, S. Pd., M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.