Penulis Utama : Riska Putri Wahyu Lestari
NIM / NIP : K7117198
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan membaca pemahaman pada peserta didik kelas VD SD Djama’atul Ichwan Sondakan Laweyan Surakarta  tahun  ajaran  2020/2021.  Kesulitan  membaca  pemahaman  pada  peserta didik ditunjukkan melalui indikator kemampuan peserta didik dalam menjawab pertanyaan  tentang isi  bacaan,  menemukan  gagasan  pokok,  membuat kesimpulan bacaan, menentukan amanat, dan kemampuan menceritakan kembali isi bacaan.

Penelitian ini tergolong dalam penelitian kualitatif dengan metode penelitian kualitatif deskriptif dan pendekatan studi kasus. Penelitian ini merekomendasikan penelitian lainnya tentang kesulitan membaca pemahaman. Sumber dari penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas VD SD Djama’atul Ichwan yang terdiri dari enam anak   sebagai   sampel   penelitian.   Teknik   pengambilan   data   dilakukan   dengan observasi, wawancara, dan tes. Uji validitas data yang digunakan pada penelitian ini adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Data dianalisis menggunakan model analisis data Miles dan Huberman yaitu reduksi data, analisis data, serta penyajian data.

Hasil penelitian ini  menunjukkan bahwa peserta didik mengalami kesulitan yang berbeda-beda pada setiap indikator membaca pemahaman. Peserta didik sudah mampu menjawab beberapa pertanyaan 5W+1H terkait bacaan dengan benar dan sesuai pada isi bacaan. Peserta didik juga cukup mampu dalam menemukan gagasan pokok pada bacaan, peserta didik menuliskan inti dari permasalahan cerita. Peserta didik belum menguasai indikator kesimpulan bacaan, peserta didik menuliskan kesimpulan  bacaan  sama  seperti  amanat pada  bacaan.  Hal  tersebut  menunjukkan bahwa peserta didik belum memahami pengertian antara kesimpulan bacaan dengan amanat pada bacaan.  Peserta didik sudah cukup mampu menentukan amanat dengan benar dan berisi pesan moral yang sesuai dengan bacaan. Pada indikator kemampuan menceritakan kembali isi bacaan peserta didik masih merasa kesulitan, peserta didik dalam menceritakan kembali tidak menggunakan bahasa sendiri tetapi sama seperti menuliskan kembali isi bacaannya.


Kata Kunci: Kesulitan Membaca Pemahaman, Kualitatif Deskriptif, Sekolah Dasar, Peserta Didik.

 

×
Penulis Utama : Riska Putri Wahyu Lestari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7117198
Tahun : 2021
Judul : Analisis Kesulitan Membaca Pemahaman pada Peserta Didik Kelas VD SD Djama’atul Ichwan Sondakan Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2020/2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7117198 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rukayah, M.Hum.
2. Dra. Siti Kamsiyati, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.