Penulis Utama : Riza Ayu Ramadhani
NIM / NIP : K7117199
×

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kesesuaian nilai karakter cerita fiksi dalam Buku Siswa Kelas IV Tema 8 dengan 18 nilai karakter Kurikulum 2013.
Metode penelitian  yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Data dan sumber data dalam penelitian ini adalah cerita fiksi yang terdapat dalam Buku Siswa Kelas IV Tema 8. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan studi dokumen yang direduksi untuk kemudian disajikan dalam instrumen dan diverifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa nilai karakter yang muncul dalam cerita fiksi pada Buku Siswa Kelas IV Tema 8 berjumlah 14, yaitu: religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, komunikatif senang bersahabat/ proaktif, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Dari 14 nilai karakter tersebut dapat diketahui bahwa persentase kemunculan nilai karakter yang ada dalam cerita fiksi pada Buku Siswa Kelas IV Tema 8 adalah 77,78%. Berdasarkan persentase yang diperoleh, dapat dinyatakan bahwa nilai karakter yang ada dalam cerita fiksi pada Buku Siswa Kelas IV Tema 8 adalah sesuai.


Kata Kunci: Nilai Karakter, Cerita Fiksi, Kurikulum 2013, Buku Siswa

 

×
Penulis Utama : Riza Ayu Ramadhani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7117199
Tahun : 2020
Judul : Analisis Kesesuaian Nilai Karakter Cerita Fiksi pada Buku Siswa Kelas IV Tema 8 dengan Nilai Karakter pada Kurikulum 2013
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7117199 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Jenny Indrastoeti Siti P, M.Pd.
2. Dra. Sularmi, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.