Penulis Utama : Windy Ariani
NIM / NIP : K7117236
×

Tujuan pendidikan di Indonesia selalu berorientasi pada pembentukan karakter peserta didik, karena karakter generasi dari suatu negara merupakan cerminan  dalam  keberhasilan  pendidikan  di  negara  tersebut.  Pembentukan karakter peserta didik penting dilakukan salah satunya pada satuan pendidikan Sekolah  Dasar.  Pada satuan Sekolah  Dasar,  materi membatik  sebagai  muatan Pendidikan Seni Rupa terdapat dalam Kompetensi Dasar yang diajarkan. Muatan materi membatik tersebut dapat digunakan sebagai pembentukan karakter peserta didik. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai karakter yang terdapat pada batik, khususnya yaitu pada motif flora batik Ngawi.
Penelitian ini  menggunakan  metode  penelitian  yang   digunakan  dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian deskriptif kualitatif . Sampel pada penelitian ini yaitu batik motif jati, motif melon, motif padi, dan motif bambu. Keempat sampel tersebut diambil berdasarkan teknik purposive sampling, karena motif- motif tersebut merupakan motif utama Batik Kabupaten Ngawi. Selain itu, teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdiri atas 4, yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi literasi. Wawancara yang digunakan pada penelitian ini menggunakan  wawancara  bebas  terpimpin,  sehingga  dalam  kegiatan pengumpulan data hanya menggunakan pedoman wawancara yang memuat garis besar terkait hal yang ditanyakan. Penelitian ini menganalisis data yang diperoleh menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yang terdiri atas 3 tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan dan verifikasi.
Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa keempat motif flora tersebut mempunyai beragam nilai karakter yang dapat digunakan sebagai sarana dalam pembentukan karakter peserta didik. Nilai karakter dari keempat motif tersebut, yaitu toleransi, kerja keras, kreatif, mandiri, tanggung jawab, peduli lingkungan, cinta damai, disiplin, dan peduli sosial. Nilai-nilai karakter tersebut dapat guru gunakan sebagai sarana dalam membentuk karakter peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar.

Kata Kunci: nilai, karakter, batik, Pendidikan Seni Rupa

 

×
Penulis Utama : Windy Ariani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7117236
Tahun : 2020
Judul : Kajian Analisis Nilai Karakter Berbasis Potensi Lokal dalam Pemaknaan Motif Flora Batik Ngawi Sebagai Muatan Pendidikan Seni Rupa di Sekolah Dasar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7117236 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Retno Winarni, M.Pd.
2. Anesa Surya, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.