Penulis Utama : Zulfa Astri Lutfiah
NIM / NIP : K7117245
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan menulis teks deskripsi pada peserta didik kelas IV/D SD Djama’atul Ichwan Sondakan Laweyan Surakarta tahun ajaran 2020/2021. Kemampuan menulis teks deskripsi merupakan salah satu tujuan yang hendak dicapai dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini akan mendeskripsikan kesulitan menulis teks deskripsi berdasarkan sumber modifikasi Dalman (2016:103) dan Rukayah (2013:117).
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas IV/D SD Djama’atul Ichwan yang terdiri dari enam anak sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, dan studi dokumentasi.  Uji  validitas  data  yang  digunakan  pada  penelitian  ini  adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Data dianalisis menggunakan model analisis data Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indikator yang dikuasai oleh hampir seluruh peserta didik yaitu menyusun judul yang selaras dengan tema. Sedangkan indikator yang hanya dikuasai oleh 1 peserta didik adalah menyusun teks  yang sesuai dengan judul dengan melibatkan pancaindra, membuat paragraf yang saling terhubung, dan penggunaan pilihan kata atau diksi. Kemudian indikator yang tidak dikuasai oleh seluruh peserta didik yaitu penggunaan ejaan dan tanda baca. Cara untuk  mengatasi  kesulitan menulis  teks  deskripsi  yaitu:  a)  menggunakan  media gambar sebagai  alat  bantu  untuk  mendeskripsikan  objek;  b) guru menggunakan strategi pembelajaran yaitu menulis terbimbing; c) guru menggunakan model pembelajaran karyawisata yaitu peserta didik dapat melihat langsung objek yang akan dideskripsikan; d) membiasakan literasi membaca dan menulis.

Kata Kunci: kesulitan menulis teks deskripsi, Dalman dan Rukayah, sekolah dasar.

 

×
Penulis Utama : Zulfa Astri Lutfiah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7117245
Tahun : 2021
Judul : Analisis Kesulitan Menulis Teks Deskripsi pada Peserta Didik Kelas IV/D SD Djama’atul Ichwan Sondakan Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2020/2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7117245 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rukayah, M.Hum.
2. Dra. Siti Kamsiyati, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.