Penulis Utama : Tri Wulandari
NIM / NIP : K7516068
×

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui kinerja pegawai di Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Surakarta; (2) mengetahui hambatan yang dihadapi pegawai; dan (3) upaya untuk meningkatkan kinerja pegawai di Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Surakarta.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Sumber data berasal dari informan, tempat dan peristiwa, dan dokumen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dan Snowball Sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Validasi data dilakukan dengan: (1) Uji Credibility diantaranya dengan melakukan (a) Perpanjangan Pengamatan; (b) Peningkatan Ketekunan; (c) Triangulasi Sumber dan Metode; (d) Analisis Kasus Negatif; (e) Menggunakan Bahan Referensi; (f) Membercheck. (2) Transferability, (3) Dependability, dan (4) Confirmability. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan sebagai berikut: (1) Pengumpulan Data; (2) Reduksi Data; (3) Penyajian Data; (4) Penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian yang ditempuh peneliti antara lain: (1) Tahap Penyusunan Proposal dan Perijinan; (2) Tahap Pengumpulan Data; (3) Tahap Analisis Data Awal; (4) Tahap Analisis Data Akhir; (5) Tahap Penulisan Laporan dan Penggandaan Laporan.
Hasil penelitian di Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Surakarta menunjukkan bahwa: (1) Kinerja pegawai dilihat dari Perilaku kerja memiliki beberapa aspek yang harus dinilai antara lain: (a) Orientasi Pelayanan; (b) Komitmen; (c) Inisiatif Kerja; (d) Kerjasama; (e) Kepemimpinan. (2) Hambatan kinerja pegawai diantaranya: (a) Manajemen Waktu; (b) Keterbatasan Sumber Daya Manusia; (c) Sarana Prasarana; (d) Latar Belakang Pendidikan, dan (3) Adapun upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja pegawai antara lain memprioritaskan pekerjaan yang lebih penting, saling mendukung dan membantu antar pegawai, memberikan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi pegawai, serta merawat dan memperbaiki sarana prasarana yang tersedia.

Kata kunci : Kinerja, Pegawai, Penilaian Kinerja, Perilaku Kerja

 

×
Penulis Utama : Tri Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7516068
Tahun : 2020
Judul : Analisis Kinerja Pegawai di Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Administrasi Perkantoran - K7516068 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Wiedy Murtini., M.Pd.
2. Dr. Heri Sawiji, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.