Penulis Utama : Dian Fathri Wardana
NIM / NIP : E0016126
×

Penelitian ini mendeskripsikan dan mengkaji permasalahan, pertama bagaimana pelaksanaan pemungutan Pajak Penghasilan bagi Usaha Mikro Kelas Menengah di Surakarta berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018. Kedua, bagaimana kendala pelaksanaan pemungutan Pajak Penghasilan bagi Usaha Mikro Kelas Menengah di Surakarta berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018.
Penelitian ini adalah penelitian hukum empiris bersifat deskriptif. Jenis data primer meliputi data dari interpretasi langsung di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi kepustakaan, instrumen penelitian berupa data dari wawancara dan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018, selanjutnya teknis analisis yang digunakan adalah metode deduktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pemungutan Pajak Penghasilan bagi Usaha Mikro Kelas Menengah di Surakarta telah meningkat meskipun belum maksimal. Perubahan tarif PPh bagi UMKM berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018 berpengaruh terhadap kepatuhan Wajib Pajak UMKM. Kemudahan membayar pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan Wajib Pajak UMKM karena masih belum merata sosialisasi terhadap perubahan tarif pajak. Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018 cukup baik dengan meningkatnya penerimaan pajak setelah berlakunya perubahan tarif pajak.

Kata Kunci : Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018, Wajib Pajak
UMKM dan Perubahan Tarif Pajak.

 

×
Penulis Utama : Dian Fathri Wardana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0016126
Tahun : 2020
Judul : Pelaksanaan Pemungutan Pajak Penghasilan Bagi Usaha Mikro Kelas Menengah Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018 di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Hukum, Jur. Ilmu Hukum - E0016126 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wida Astuti, S.H.,M.H.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.