Penulis Utama : Arif Miftah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0316011
Tahun : 2020
Judul : Perubahan Masyarakat Pasca Penggunaan Alat Berat Pada Pertambangan Pasir di Desa Keningar (Studi Deskriptif Kualitatif pada Pertambangan Pasir di Desa Keningar Kabupaten Magelang)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Sosiologi-D0316011-2020
Subyek : SAND MINING, HEAVY EQUIPMENT, CONFLICT, SOCIETY CHANGE
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pertambangan pasir dengan alat berat yang masuk di Desa Keningar manuai pro dan kontra dalam masyarakat. Perbedaan cara pandang membuahkan konflik antar dua golongan tersebut selama bertahun-tahun. Hal itu menyebabkan  perubahan pada sub kehidupan masyarakat Desa Keningar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perubahan masyarakat pasca pertambangan dengan alat berat pada struktur masyarakat, kebudayaan, ekonomi, lingkungan, keamanan ketertiban masyarakat. Penelitian ini juga menjelaskan dampak penggunaan alat berat pada sub kehidupan tersebut. Teori konflik Lewis Alfred Coser dan Ralf Dahrendorf digunakan untuk mengkaji secara detail konflik di Desa Keningar, serta mencoba melihat perubahan masyarakat di Keningar. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan naturalistic inquiry. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumenter. 
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perubahan sub kehidupan masyarakat pasca pertambangan dengan alat berat berhenti. Struktur masyarakat desa berubah, munculnya kelas menengah baru dan terjadinya deferensiasi sosial dalam profesi. Perubahan budaya meliputi solidaritas masyarakat yang lemah kini menguat kembali, budaya menyimpang dan konsumerisme yang dahulu ada kini menghilang. Kondisi ekonomi masyarakat terkhusus pendapatan mengalami penurunan. Lingkungan alam di Keningar mengalami perubahan, seperti kondisi jalan desa semakin baik, polusi udara dan suara tidak lagi ada. Pertambangan dengan alat berat menyisakan kerusakan pada lahan bekas tambang, pengairan masyarakat terganggu dengan menurunnya debit air dan tingkat kejernihan air. Keamanan dan ketertiban masyarakat membaik, berkurangnya truk muatan pasir yang keluar masuk desa memberi rasa aman pengguna jalan, premanisme yang dahulu tumbuh kini tidak lagi ada,  kebiasaan minum-minuman keras dan kegiatan prostitusi di lahan tambang tidak lagi ditemukan. Resiko kecelakaan bagi penambang manual dewasa kini sangat tinggi. Penggunaan alat berat berdampak positif pada perubahan struktur masyarakat dan perekonomian warga, namun kurang baik pada lingkungan, budaya, keamanan ketertiban masyarakat Desa Keningar.

Kata Kunci : Pertambangan Pasir, Alat Berat, Konflik, Perubahan Masyarakat

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
surat persetujuan.pdf
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Supriyadi, S.N., S.U
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP