Penulis Utama : Vicktoreza Fatah Firdana
NIM / NIP : I0116125
×

ABSTRAK

Vicktoreza Fatah Firdana, 2020, Studi Perilaku Geser Lentur Balok Beton Bertulang Memadat Sendiri Dengan Kadar Fly Ash 50% Terhadap Beton Normal.Tugas Akhir Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta.

 

Salah satu hal penting dan dibutuhkan oleh suatu negara untuk menunjang kehidupan masyarakat adalah sektor infrastruktur. Indonesia semakin gencar dalam menggalakan pembangunan dalam berbagai sektor di infrastruktur untuk mencapai tujuan nasional dan menunjang kehidupan masyarakat. Oleh sebab itu inovasi dalam mengembangkan infrastruktur dalam hal material dan tata cara pelaksanaan sangat diperlukan. Penggunaan semen pada era pembangunan saat ini memiliki efek samping meningkatkan polusi gas CO2 dan pemanasan global. Fly ash adalah limbah hasil pembakaran batu bara pada tungku pembangkit listrik tenaga uap yang berbentuk halus, bundar, dan bersifat pozolanik (SNI, 2002). Penggunaan fly ash serta penambahan superplasticizer dapat meningkatkan kemudahan kerja dan daya tahan beton sehingga beton dapat mengalir mengisi ruang yang ada dan memadat dengan sendirinya yang dikenal dengan High Volume Fly Ash Self Compacting Concrete (HVFA – SCC).

Penelitian ini akan mengkaji mengenai perilaku geser lentur balok beton bertulang High Volume Fly Ash Self Compacting Concrete (HVFA – SCC) dengan menggantikan kadar semen dengan menggunakan fly ash sebesar 50% dan membandingkannya dengan balok beton normal. Benda uji yang digunakan berupa balok beton bertulang dengan dimensi penampang 10 cm x 15 cm dan panjang 130 cm. Pada penelitian ini pengujian menggunakan alat loading frame dengan 2 titik pembebanan berjarak 20 cm di tengah bentang. Pada pengujian ini akan didapatkan grafik hubungan beban-lendutan serta perhitungan kapasitas geser balok beton HVFA-SCC 50% dan balok beton normal pengujian yang akan dibandingkan dengan kapasitas geser balok secara analitis menurut SNI 2847-2013, ACI Code 318-14 dan persamaan oleh Niwa dkk (1986).

Berdasarkan hasil penelitian ini kapasitas geser pengujian balok beton HVFA-SCC 50% memiliki nilai yang lebih besar dibandingkan dengan kapasitas geser hasil pengujian balok beton normal yang diuji pada umur 28 hari yakni sebesar 49,83 kN untuk HVFA-SCC 50% dan 48,625 kN untuk beton normal.

 

Kata kunci : fly ash, HVFA-SCC, perilaku geser lentur.

×
Penulis Utama : Vicktoreza Fatah Firdana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0116125
Tahun : 2020
Judul : Studi Perilaku Geser Lentur Balok Beton Bertulang Memadat Sendiri Menggunakan Stirrup Dengan Kadar Fly Ash 50% Terhadap Beton Normal The Study In The Behavior Of Flexural Shear On Reinforced Self Compacting Concrete Beam Using Stirrup With 50% Fly Ash To Normal Concrete
Edisi :
Imprint : Surkarta - Fak. Teknik - 2020
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik.Jur. Teknik Sipil, I 0116125 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Agus Setiya Budi, S.T., M.T.,
2. Stefanus Adi Kurniawan ST, M.Sc, Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.