Penulis Utama : Via Ainun Sholiha Afif.
NIM / NIP : H0416067
×

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menganalisis kedinamisan  kelompok  dasa wisma di Desa Wisata Genilangit melalui unsur-unsur dinamika kelompok dan pengaruhnya terhadap keterlibatan kelompok dasa wisma dalam pengembangan Desa Wisata Genilangit. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang disajikan dalam analisis deskriptif. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja di Desa Genilangit, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Terdapat 9 informan dalam penelitian, 3 diantaranya ditentukan secara purposive (sengaja) kemudian sisanya dipilih secara snow ball. Teknik validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dinamika kelompok dalam Kelompok
Dasa Wisma yang telah aktif yakni Melati 1, Melati 2, Melati 3, Dahlia 1, Dahlia
2, dan Dahlia 3 memiliki kedinamisan kelompok yang baik. Terlihat dari kesesuaian keadaan kelompok dengan indikator-indikator penilaian dalam 9 unsur pembentuk dinamika kelompok, yaitu tujuan kelompok, struktur kelompok, fungsi tugas kelompok, pengembangan dan pembinaan kelompok, kekompakan kelompok,  suasana kelompok,  keefektifan  kelompok  dan  maksud  terselubung. Kedinamisan yang terjadi secara tidak langsung mempengaruhi kelompok untuk terlibat mendukung penyelenggaraan kegiatan wisata dalam pengembangan Desa Wisata Genilangit. Keterlibatan ini terwujud dalam kegiatan-kegiatan kelompok yaitu  kerajinan  pembuatan  batik,  kebun  bibit,  jasa  catering,  dan  pembuatan jajanan rumahan. Kegiatan kelompok tersebut berpengaruh pada pemenuhan fasilitas penunjang desa wisata, penyedia aktivitas wisata dan membuka usaha ekonomi rumahan

×
Penulis Utama : Via Ainun Sholiha Afif.
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0416067
Tahun : 2020
Judul : Dinamika Gabungan Kelompok Dasa Wisma dalam Pengembangan Desa Wisata Genilangit, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan.
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2020
Program Studi : S-1 Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Pertanian, Jur. Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian - H0416067 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Sugihardjo, M.S.
2. Dr. Agung Wibowo, S.P, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.