Penulis Utama : Andreas Bayu Darmawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0116007
Tahun : 2020
Judul : Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kepuasan Pengguna Aplikasi Dukcapil dalam Genggaman di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - F. ISIP, Jur. Ilmu Administrasi Negara - D0114029 - 2020
Subyek : DUKCAPIL DALAM GENGGAMAN, EUCS, E-GOVERNMENT, KEPUASAN PENGGUNA.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Electronic Government (e-Government) telah dilaksanakan di Indonesia baik di tingkat pusat maupun daerah, dimana Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) diintegrasikan dengan pelayanan publik guna meningkatkan efektivitas, efisiensi dan transparansi. Tahun 2018, Kota Surakarta menciptakan sebuah inovasi berupa aplikasi yang dapat digunakan untuk mengakses pelayanan administrasi kependudukan, yaitu Dukcapil Dalam Genggaman. Terpaan pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) membuat aplikasi ini semakin penting keberadaannya untuk mengurangi kerumunan. Hingga per 1 Juli 2020, muncul kebijakan yang mewajibkan masyarakat Kota Surakarta untuk mengakses pelayanan administrasi kependudukan secara on line menggunakan aplikasi Dukcapil Dalam Genggaman.
Penelitian ini meneliti faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pengguna aplikasi Dukcapil Dalam Genggaman di Kota Surakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan pengguna aplikasi Dukcapil Dalam Genggaman. Model End User Computing Satisfaction (EUCS) digunakan dalam penelitian ini, dimana di dalamnya memuat lima (5) variabel, antara lain isi, akurasi, bentuk, kemudahan penggunaan dan ketepatan waktu. Model ini dipilih karena secara khusus digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna suatu sistem informasi. Kuesioner disebar di seluruh kantor kelurahan yang ada di Kota Surakarta dan berhasil mengambil sampel sebanyak 107 pengguna. Analisis data yang digunakan yaitu regresi linier berganda serta dalam proses pengolahan datanya akan dibantu dengan program Statistical Package for the Sosial Sciences (SPSS) versi 21.
Ditemukan hasil bahwa isi, akurasi, kemudahan penggunaan dan ketepatan waktu memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pengguna aplikasi Dukcapil Dalam Genggaman. Sedangkan, bentuk tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengguna aplikasi Dukcapil Dalam Genggaman. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surakarta direkomendasikan untuk mengembangkan aplikasi Dukcapil Dalam Genggaman dengan berfokus pada faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pengguna aplikasi Dukcapil Dalam Genggaman.

Kata Kunci:  Dukcapil   Dalam   Genggaman,   EUCS,   e-Government,   Kepuasan Pengguna.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rino Ardhian Nugroho, S.Sos., M.T.I., Ph.D.
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. ISIP