Penulis Utama : Hendrawan Bintang Surya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0116040
Tahun : 2020
Judul : Analisis Tingkat Kematangan E-Government (Studi Pada 35 Website Pemerintah Kota atau Kabupaten di Jawa Tengah)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. ISIP, Jur. Ilmu Administrasi Negara - D0116040 - 2020
Subyek : E-GOVERNMENT, TINGKAT KEMATANGAN, SITUS WEB PEMERINTAH
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Electronic Government (E-Government) adalah bentuk tata kelola pemerintahan yang baru dengan memanfaatkan teknologi informasi. Salah satu langkah awal penerapan E-Government adalah dengan membuat situs website yang dikelola oleh pemerintah. Keberadaan situs website pemerintah dianggap memudahkan dalam menjalankan aktivitas pemerintahan. Mengingat keberadaan website pemerintah sangat dibutuhkan, maka pentingnya untuk mengembangkan sebuah website agar sampai kepada kondisi mature.
Penelitian ini akan mengukur tingkat kematangan E-Government pada 35 website Kota/Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Alasan pemilihan lokasi Provinsi Jawa Tengah adalah daerah tersebut memiliki IP-TIK yang tinggi namun tidak berbanding lurus dengan peringkat PeGi yang tinggi pula. Sehingga pengukuran kematangan website di seluruh 35 Kota/Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah menjadi penting agar daerah tersebut melakukan pembenahan diri untuk memaksimalkan penerapan  E-Government khususnya adalah website pemerintah. Penelitian ini akan menggunakan teori kematangan E-Government dari (Moon, 2002). Penelitian ini berupa kuesioner ditujukan kepada pegawai Dinas Komunikasi dan Informatika selaku pengelola website Pemerintah Daerah.  Kemudian, hasil kuesioner akan dianalisis dengan teknik statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Two-way Communication memiliki tingkat kematangan tinggi, dengan nilai persentase rata-ratanya sebesar 79.05. Kemudian disusul variabel Integration memiliki tingkat kematangan tinggi juga, dengan nilai persentase rata-ratanya sebesar 77.14. Lalu variabel Simple Information memiliki tingkat kematangan sedang, dengan nilai persentase rata-ratanya sebesar 62.86. Selanjutnya variabel Political Participation memiliki tingkat kematangan rendah sekali, dengan nilai persentase rata-ratanya sebesar 38.10. Yang terakhir adalah variabel Service and Financial Transaction memiliki tingkat kematangan rendah sekali juga, dengan nilai persentase rata-ratanya sebesar 20

Kata Kunci: E-Government, tingkat kematangan, situs web pemerintah

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rino Ardhian Nugroho, S.Sos., M.T.I., Ph.D.
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. ISIP