Penulis Utama : Muhammad Anshori
NIM / NIP : D0316051
×

Kemiskinan adalah masalah yang banyak di hadapi negara berkembang, dari data BPS pedesaan menyumbang kemiskinan lebih banyak di banding perekotaan. Salah satu penyebab kemiskinan di pedesaan adalah kurangnya penguasaan lahan pertanian. Selain itu diskriminasi perempuan pada upah tenaga kerja yang rendah di bandingkan laki-laki, padahal peran perempuan juga penting dalam menunjang kebutuhan keluarga mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana partisipasi dan pemberdayaan perempuan dalam Program Zakat Community Development (ZCD) di Desa Cluntang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan Studi Deskriptif Kualitatif. Hasil dari temuan penelitian ini menunjukan bahwa sebagian perempuan sudah mulai dapat memahami pemberdayaan di buktikan bahwa para perempuan sudah dapat memaraktekan apa yang sudah di berikan pada saat pelatihan. Selain itu di temukan enam tipe partisipasi perempuan dalam program, yaitu : partisipasi sebagian,
partisipasi langsung, partisipasi spontan, partisipasi terbujuk, partisipasi intensif,
dan partisipasi terorganisasi. Melalui program tersebut memberikan dampak sosial maupun ekonomi bagi perempuan meskipun belum terlalu signifikan. Salah satunya adalah perubahan pola perilaku masyarakat dari yang dulu hanya petani sekarang sudah mulai berwirausaha dan mau berkelompok.

Kata Kunci : Partisipasi, Pemberdayaan Perempuan, Program Zakat Community
Development

×
Penulis Utama : Muhammad Anshori
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0316051
Tahun : 2020
Judul : Partisipasi dan Pemberdayaan Perempuan Dalam Program Zakat Community Development (ZCD) (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Partisipasi dan Pemberdayaan Perempuan di Desa Cluntang, Kecamatan Musuk, Kabupaten Boyolali)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2020
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Sosiologi-D0316051-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Muh. Rosyid Ridlo, S.Ag., M.S.I.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.