Penulis Utama : Caesy Antania Kuswardani
NIM / NIP : D0216022
×

Perkembangan teknologi dan internet merupakan hal yang paling diminati oleh seluruh kalangan masyarakat, khususnya di Indonesia. Hal tersebut, menciptakan peluang bagi semua orang untuk dapat mengembangkan usaha mereka ke ranah online atau e-commerce. Sebuah kegiatan jual beli tanpa perlu adanya tatap muka secara langsung ini sangat memudahkan masyarakat dalam kehidupannya sehari-hari. Memiliki brand image yang baik, pemanfaatan brand ambassador yang terkenal dan memiliki penggemar yang banyak adalah cara untuk sebuah brand menggaet konsumen untuk melakukan pembelian.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh brand ambassador “BTS”, brand image dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian di Tokopedia. Terdapat tujuh teori yang relevan dalam penelitian ini, yaitu, komunikasi, komunikasi pemasaran, brand ambassador, brand image¸ e-commerce, kelompok referensi, dan keputusan pembelian.
Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 71 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan probability sampling dan pengambilan jumlah sampel menggunakan metode simple random sampling.
Berdasarkan hasil uji hipotesis, variabel brand ambassador berpengaruh signifikan negatif terhadap variabel keputusan pembelian. Sementara itu, dua variabel lainnya yaitu brand image dan kelompok referensi berpengaruh signifikan positif terhadap variabel keputusan pembelian secara parsial. Secara simultan, ketika variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Hasil penelitian ini menunjukkan persamaan regresi Ketiga variabel dependen brand ambassador, brand image dan kelompok referensi mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 59,1% dan sisanya 48,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penelitian.

Kata Kunci: brand Ambassador, brand Image, kelompok referensi, keputusan pembelian

 

×
Penulis Utama : Caesy Antania Kuswardani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0216022
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Brand Ambassador “BTS”, Brand Image dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian di Tokopedia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. ISIP, Jur. Ilmu Komunikasi - D0216022 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Christina Tri Hendriyani, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.