Penulis Utama : Yohana Apsari Tantiana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0216104
Tahun : 2020
Judul : Pola Komunikasi Guru Terhadap Siswa Penyandang Autisme dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Autistik di Sekolah Khusus Sahabat Kita Pondok Aren (Studi Kasus Mengenai Pola Komunikasi Guru Terhadap Siswa Penyandang Autisme dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Autistik di Sekolah Khusus Sahabat Kita Pondok Aren pada Tahun 2020)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. ISIP, Jur. Ilmu Komunikasi - D0216104 - 2020
Subyek : POLA KOMUNIKASI, AUTISME, INTERAKSI SOSIAL, SEKOLAH KHUSUS.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pola komunikasi yang digunakan oleh guru terhadap siswa penyandang autisme dalam meningkatkan interaksi sosial siswa autistik di Sekolah Khusus Sahabat Kita Pondok Aren. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi interpersonal milik Josep A. DeVito.
Penelitian   ini   menggunakan   metode   penelitian   kualitatif.   Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi serta teknik wawancara sebagai sumber data utama. Informan utama dalam penelitian ini adalah tim guru yang mengajar kelas autisme di Sekolah Khusus Sahabat Kita Pondok Aren. Dalam menentukan informan, peneliti menggunakan teknik purposive sampling karena melalui teknik ini, peneliti dapat menentukan kriteria khusus bagi informan sehingga informan yang dipilih dapat memberikan informasi mendalam yang sesuai dengan kebutuhan penelitian. Dalam melakukan analisis data, penelitian ini menggunakan teknik analisis data milik Miles dan Huberman.
Dari serangkaian proses penelitian yang sudah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pola komunikasi yang terjadi antara tim guru dengan siswa penyandang autisme di Sekolah Khusus Sahabat Kita Pondok Aren adalah pola komunikasi primer dan linier dengan menggunakan pesan verbal dan non verbal seperti yang diutarakan oleh Joseph A. DeVito. Dalam berkomunikasi dengan siswa penyandang autisme, guru menggunakan dua jenis pesan, yaitu pesan verbal dan non verbal secara bergantian. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar siswa penyandang autisme dapat lebih memahami pesan serta instruksi yang diberikan. Selain itu, pola komunikasi tersebut diterapkan juga untuk melatih kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi sosial siswa penyandang autisme di Sekolah Khusus Sahabat Kita Pondok Aren.

Kata Kunci : Pola Komunikasi, Autisme, Interaksi Sosial, Sekolah Khusus.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Firdastin Ruthnia Yudiningrum, S.Sos., M.Si
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. ISIP