Penulis Utama : Athaya Salsabila
NIM / NIP : I0116018
×

ABSTRAK

Athaya Salsabila. 2020. Kecenderungan Masyarakat dalam Memilih Apartemen di Kota Tangerang dengan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP). Skripsi. Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret.

 

Hunian atau tempat tinggal merupakan salah satu hal yang harus terpenuhi oleh manusia. Tempat tinggal berfungsi sebagai tempat untuk menetap dan wadah aktivitas interaksi manusia. Dalam pemilihan tempat tinggal, harus dipertimbangkan secara cermat dan tepat. Berdasarkan hasil dari penelitian- penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi selera masyarakat dalam memilih tempat tinggal. Kecenderungan, kecondongan atau keinginan adalah pilihan atau daya tarik suatu subjek dalam memilih alternatif-alternatif suatu objek yang berdasarkan kegunaan, kebutuhan, kesenangan, dan kepuasannya. Berdasarkan hal tersebut, adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kecenderungan atau keinginan masyarakat dalam memilih tempat tinggal atau apartemen dan juga untuk mengetahui faktor- faktor apa saja yang paling mempengaruhi masyarakat dalam memilih apartemen di Kota Tangerang.

 

Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif, metode kualitatif dan juga metode pembobotan. Untuk dasar dalam pembobotan alternatif digunakan metode AHP sebagai acuan perhitungannya. Selanjutnya menentukan pembobotan dengan diberikannya interval skala sesuai dengan skala Likert. Sedangkan untuk pengolahan hasil keputusan dari kuisioner, sistem yang di pakai adalah Program Software Microsoft Excel 2010.

 

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, terdapat 5 faktor utama yang mempengaruhi masyarakat dalam memilih apartemen di Kota Tangerang antara lain: faktor produk, faktor persepsi harga, faktor lokasi, faktor fasilitas apartemen, dan faktor legalitas. Dan faktor yang paling mempengaruhi masyarakat dalam pemilihan apartemen adalah faktor legalitas terutama pada subfaktor sertifikat lahan (HGB Murni/HPL).

Kata Kunci: Kecenderungan Masyarakat, Pemilihan Apartemen, Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP)

×
Penulis Utama : Athaya Salsabila
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0116018
Tahun : 2020
Judul : Kecendrungan Masyarakat Dalam Memilih Apartemen Di Kota Tangerang Dengan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F – Ahp) People Tendency’s In Choosing Apartement In Tangerang Using Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F – Ahp) Method
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2020
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik.Jur. Teknik Sipil, I0116018 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Setiono, S.T. M.Sc.,
2. Dr. Fajar Sri Handayani S.T.,M.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.