Penulis Utama : Brian Arya Zamorano
NIM / NIP : I0116024
×

ABSTRAK

 

Brian Arya Zamorano, 2020. Kajian Serapan dan Penetrasi Klorida pada Beton Mutu Tinggi Memadat Mandiri dengan Metakaolin 12,5% dan Variasi Fly Ash. Skripsi Program Studi Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Untuk membangun struktur yang tinggi dan sulit dijangkau dibutuhkan inovasi beton mutu tinggi yang mampu memadat mandiri. Penggunaan bahan tambah metakaolin dan fly ash mampu meningkatkan kuat tekan dan memperkecil pori-pori pada beton sehingga beton menjadi kedap air. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan variasi fly ash terhadap parameter SCC, serapan dan penetrasi klorida pada beton mutu tinggi memadat mandiri dengan metakaolin 12,5%.

Langkah penelitian dimulai dari persiapan bahan penyusun, pembuatan benda uji, pengujian beton segar dan beton keras, dan pengambilan kesimpulan. Digunakan variasi fly ash 7,5%, 12,5%, dan 17,5?ri total berat binder dan fly ash 0% sebagai pembanding. Pengujian ini menggunakan beton berbentuk silinder dengan ukuran diameter 7,5 cm dan tinggi 15 cm. Setelah beton berusia 28 hari mulai dilakukan pengujian dengan merendam beton pada larutan klorida sampai waktu perendaman 7 hari, 14 hari dan 28 hari. Lalu dilakukan pembelahan dan diberikan larutan AgNO3 untuk mengetahui perbedaan warna pada beton akibat masuknya klorida.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penambahan variasi kadar fly ash memenuhi syarat sebagai beton HSSCC dan memberikan pengaruh pada penurunan daya serap beton serta penetrasi klorida pada beton. Penurunan daya serap air perendaman 24 jam pada beton dengan variasi fly ash 7,5%, 12,5%, dan 17,5% masing-masing adalah 19%, 25%, dan 42?ri beton tanpa substitusi fly ash. Nilai kedalaman penetrasi pada beton dengan variasi fly ash 7,5%, 12,5% dan 17,5% juga mengalami penurunan sebesar 71%, 76%, dan 83?ri beton metakaolin tanpa substitusi fly ash.

 

 

 

 

 

 

 

 

Kata Kunci: Beton mutu tinggi memadat mandiri, fly ash, metakaolin, penetrasi beton, serapan beton.

 

×
Penulis Utama : Brian Arya Zamorano
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0116024
Tahun : 2020
Judul : Kajian Serapan Dan Penetrasi Klorida Pada Beton Mutu Tinggi Memadat Mandiri Dengan Metakaolin 12,5% dan Variasi Fly Ash A Study Of Chloride Absorption And Penetration Of High Strength Self Compacting Concrete With Metakaolin 12,5% And Fly Ash Variation
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2020
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik.Jur. Teknik Sipil, I 0116124 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wibowo, S.T., D.E.A
2. Dr. Endah Safitri S.T., M.T
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.