Penulis Utama : Sanza Danna Syahputra
NIM / NIP : F0216092
×

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan keputusan lot size yang paling tepat bagi perusahaan untuk melakukan pemesanan dan pengiriman kayu gelondong jenis jati yang memiliki tiga kelompok produk (A1, A2, A3) dengan membandingkan dua jenis pendekatan lot sizing (mengirim setiap kelompok produk secara independen atau menggabungkan setiap kelompok produk dalam satu pesanan) berdasarkan biaya penyimpanan dan biaya pengiriman serta total biaya tahunan terendah dengan  menggunakan metode  perhitungan  Lot  Sizing  with  Multiple Products. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui frekuensi pemesanan optimal dan kuantitas pemesanan optimal.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pendekatan pemesanan dan pengiriman dengan menggabungkan semua kelompok produk menghasilkan jumlah frekuensi pemesanan sebanyak 27 kali, kuantitas pemesanan optimal sebanyak 25,885 M3, biaya pengiriman, biaya penyimpanan, serta total biaya tahunan Rp 45.199.890 yang sama persis dan menghasilkan biaya yang lebih rendah dibanding pendekatan dengan mengirim setiap kelompok produk secara independen (Rp 53.039.100),sehingga pendekatan pemesanan dan pengiriman dengan menggabungkan semua kelompok merupakan keputusan lot sizing yang paling tepat untuk meminimalisir biaya.

Kata kunci : Persediaan, eoq, lot sizing, biaya persediaan.

 

×
Penulis Utama : Sanza Danna Syahputra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0216092
Tahun : 2020
Judul : Analisis Pengendalian Persediaan Kayu Gelondong Jenis Jati dengan Metode Lot Sizing With Multiple Products pada Perusahaan Kayu (Studi pada Po. Sanca Jati)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2020
Program Studi : S-1 Manajemen
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ekonomi dan Bisnis, Jur. Manajemen - F0216092 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Wisnu Untoro, M.S.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.