Penulis Utama : Dinda Amelia
NIM / NIP : I0116031
×

ABSTRAK
Dinda Amelia, 2020, Analisis Stabilitas Lereng dengan Terasering Akibat Beban Gempa Menggunakan Metode Limit Equilibrium, Tugas Akhir, Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Longsor merupakan salah satu bencana alam yang sering terjadi di Kabupaten Wonogiri karena kondisi geografis yang terdiri dari bukit dan lereng. Kelongsoran pada lereng biasanya banyak terjadi pada musim penghujan. Karena pada musim penghujan terjadi peningkatan tekanan air pori pada lereng. Hal ini mengakibatkan terjadinya penurunan kuat geser tanah dan sudut geser dalam. Selain itu, faktor beban luar seperti beban gempa juga sering mengakibatkan kelongsoran pada lereng. Oleh karena itu, perlu adanya perbaikan pada lereng untuk mengurangi kelongsoran. Perbaikan lereng dengan menggunakan metode terasering dipilih karena lokasi penelitian yang masih terpencil dan sulitnya akses untuk mendatangkan material. Penelitian ini merupakan lanjutan dari penelitian yang telah dilakukan oleh (Lugut Tri Hernowo, 2016). 
Analisis beban gempa pada penelitian ini menggunakan metode analisis pseudostatik dengan kemiringan lereng 60° dan 30° disimulasikan dengan pemodelan lereng dua dimensi menggunakan metode limit equilibrium untuk mendapatkan nilai safety factor (SF). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghitung nilai safety factor (SF) lereng tanpa terasering, mengetahui pengaruh terasering, dan mengetahui variasi terasering yang memberikan nilai SF maksimum pada kemiringan lereng 60° dan 30° ditambahkan beban gempa kondisi sebelum dan setelah hujan.
Berdarkan hasil penelitian, dengan adanya penurunan kemiringan lereng dari 60° menjadi 30° tanpa terasering menghasilkan peningkatan nilai SF signifikan dalam kondisi sebelum dan setelah hujan, lereng dalam kondisi aman pada kondisi sebelum hujan dengan kemiringan 30°.  Sedangkan pada kondisi setelah hujan tidak ada nilai SF diatas angka aman Bowles. Beban gempa pseudostatik memberikan pengaruh dalam penurunan nilai SF pada lereng tanpa terasering. Jumlah trap pada variasi terasering berpengaruh pada peningkatan nilai SF, semakin bertambah jumlah trap maka semakin besar nilai SF. Penelitian ini menghasilkan variasi terasering dengan nilai SF maksimum pada variasi 4 dengan jumlah trap terbanyak dan ketinggian tiap lapisan trap relatif kecil.

Kata Kunci : stabilitas lereng, terasering, metode limit equilibrium,  gempa pseudostatik. 

×
Penulis Utama : Dinda Amelia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0116031
Tahun : 2020
Judul : Analisis Stabilitas Lereng Dengan Terasering Akibat Beban Gempa Menggunakan Metode Limit Equilibrium Slope Stability Analysis On Terraces Model Due To Earthquake Using Limit Equilibrium Method
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2020
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik.Jur. Teknik Sipil, I0116031 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Niken Silmi Surjandari S.T., M.T
2. Siti Nurlita Fitri, S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.