Penulis Utama : Mochamad Tangguh Mahardika
NIM / NIP : B0116037
×

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana teks SSL yang bersih dari kesalahan sesuai dengan cara kerja penelitian filologi? (2) bagaimana mistik kêbatinan yang terdapat di dalam teks Sêrat Sariloka?.
Tujuan dilakukannya penelitian ini (1) menyajikan suntingan teks Sêrat Sariloka yang bersih dari kesalahan dan dekat dengan aslinya sesuai dengan cara kerja filologis. (2) mengungkapkan mistik kebatinan yang tampak dalam teks Sêrat Sariloka.
Bentuk penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian filologis yang bersifat deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research). Sumber data dalam penelitian ini adalah naskah Sêrat Sariloka  koleksi  Bapak  Hardjito.  Data dalam  penelitian  ini  adalah teks  Sêrat Sariloka. Teknik pengumpulan data dengan cara membaca katalog-katalog untuk mendapatkan informasi mengenai objek yang akan diteliti, kemudian dilakukan digitalisasi naskah setelah diketahui bahwa naskah tersebut berupa naskah tunggal. Data yang diperoleh dari digitalisasi naskah tersebut dipindah dan disimpan dalam laptop untuk ditransliterasi.
Teknik analisis data penelitian ini ada dua yaitu teknik analisis filologis dengan menggunakan kritik teks untuk mengembalikan teks ke bentuk yang dekat dengan aslinya melalui suntingan teks dengan menggunakan metode edisi kritis dan teknik analisis isi dengan analisis deskriptif untuk mengetahui mistik kebatinan yang ada di dalam Sêrat Sariloka.
Hasil  dari  penelitian  ini  adalah  teks  Sêrat  Sariloka  yang  bersih  dari keslahan. Dari penelitian yang dilakukan didapatkan (75) lakuna, (16) adisi, (15) hypercorrect, (16) ketidakkonsistenan, (1) transposisi, (2) ditografi, (2) corrupt, dan (1) saut du meme au meme. Temuan varian-varian tersebut dibenarkan melalui kritik teks sehingga menghasilkan suntingan teks yang bersih dari kesalahan. Sêrat Sariloka ditemukan sepuluh bentuk mistik kebatinan yang merupakan upaya untuk memanunggalkan diri terhadap Tuhan dan berbudi pekerti luhur terhadap sesama.

Kata Kunci: Filologi, Sêrat Sariloka, Mistik Kêjawèn, Mistik Kebatinan.

 

×
Penulis Utama : Mochamad Tangguh Mahardika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0116037
Tahun : 2020
Judul : Serat Sariloka (Suatu Tinjauan Filologis dan Kajian Isi)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2020
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ilmu Budaya, Jur. Sastra Daerah - B0116037 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Waridi Hendro Saputro, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.