Penulis Utama : Andarini Prihapsari
NIM / NIP : B0216007
×

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya penemuan kombinasi afiks me- dan -kan dalam bahasa Indonesia. Hal tersebut membuktikan bahwa kombinasi afiks me- dan -kan merupakan afiks yang produktif dalam bahasa Indonesia. Akan tetapi, kajian  pustaka  mengenai  kombinasi  afiks  me- dan  -kan  belum  banyak dibahas.  Oleh  karena  itu,  penelitian  ini  akan  membahas  secara  deskriptif mengenai kombinasi afiks me- dan -kan. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pola proses pembentukan kombinasi   afiks   me-   dan   -kan   berdasarkan   perspektif   derivasional   dan infleksional, (2) mendeskripsikan makna yang timbul akibat proses pembentukan kombinasi afiks me- dan -kan.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu kombinasi afiks me- dan - kan Kridalaksana (2007), derivasional dan infleksional Subroto (2013), dan teori lain yang saling melengkapi. Data dalam penelitian ini yaitu kalimat yang mengandung kombinasi afiks me- dan -kan dalam bahasa Indonesia. Sumber data yang dipilih untuk penelitian ini adalah artikel yang termuat dalam surat kabar Kompas, Jawa Pos, dan Solopos. Jenis penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah metode simak, serta teknik yang digunakan menggunakan teknik catat. Data dianalisis dengan metode agih dengan teknik dasar teknik bagi unsur langsung (BUL) dan teknik lanjutan teknik perluas, teknik lesap, dan teknik ganti.
Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini yaitu (1) Kombinasi afiks me- dan -kan dapat membentuk verba dan adjektiva dengan pola me- + (D + - kan). Kombinasi afiks me- dan -kan verba dapat bersifat derivasional dan infleksional. Kombinasi afiks me- dan -kan dalam membentuk verba derivasional diperoleh dengan tipe proses V  V, N  V, A  V, Adv.  V, Num.  V, dan Kat. Fatis  V. Kombinasi afiks me- dan -kan dalam membentuk verba infleksional diperoleh dengan tipe proses V  V. Selain itu, kombinasi afiks me- dan -kan dalam membentuk adjektiva derivasional diperoleh dengan tipe proses A  A, N  A, dan V  A, sedangkan dalam tinjauan infleksional tidak ditemukan dalam penelitian ini. Selain itu, kombinasi afiks kategori interogativa tinjauan derivasional dan infleksional juga tidak ditemukan dalam penelitian ini; (2) Kombinasi afiks me- dan -kan verba dapat menurunkan beberapa makna yaitu „kausatif?, „benefaktif?, „intensif?, „melakukan  dengan  alat?,  „resultatif?, dan „memasukkan ke-„.  Kombinasi afiks me- dan -kan adjektiva dapat menurunkan beberapa makna yaitu „kausatif? dan „benefaktif?.

Kata kunci: Morfologi, Kombinasi Afiks, Derivasional, Infleksional, Makna

 

×
Penulis Utama : Andarini Prihapsari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0216007
Tahun : 2020
Judul : Kombinasi Afiks Me- dan –Kan Dalam Bahasa Indonesia (Kajian Derivasional dan Infleksional)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2020
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ilmu Budaya, Jur. Sastra Indonesia - B0216007 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Chattri S. Widyastuti, M.Hum
2. Bakdal Ginanjar, S.S., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.