Penulis Utama : Insan Gumelar Ciptaning Gusti
NIM / NIP : B0216031
×

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana bentuk idiom dalam majalah pers mahasiswa di Universitas Sebelas Maret Surakarta? dan (2) bagaimana jenis idiom dalam majalah pers mahasiswa di Universitas Sebelas Maret Surakarta?
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan bentuk idiom dalam majalah pers mahasiswa di Universitas Sebelas Maret Surakarta, dan (2) mendeskripsikan jenis idiom dalam majalah pers mahasiswa di Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Data penelitian ini berupa kalimat yang mengandung idiom dalam artikel di majalah pers mahasiswa di Universitas Sebelas Maret Surakarta. Sumber data yang digunakan adalah majalah pers mahasiswa dari lembaga pers mahasiswa di Universitas Sebelas Maret Surakarta selama 10 tahun terakhir.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode simak dan teknik catat. Metode análisis data yang digunakan ialah metode agih untuk rumusan masalah pertama dan metode padan untuk rumusan masalah kedua. Pada rumusan masalah pertama digunakan teknik analisis data bagi unsur langsung dan teknik lanjutan perluas. Kemudian, untuk rumusan masalah kedua digunakan teknik análisis data pilah unsur penentu dan teknik lanjutan teknik hubung banding menyamakan.
Simpulan penelitian ini adalah: (i) Bentuk idiom terbagi menjadi dua, yakni berdasarkan unsur pembentuk dan berdasarkan kelas kata. Bentuk idiom berdasarkan unsur pembentuk terbagi menjadi tiga, yaitu bentuk kata, frasa, dan kalimat. Dari 115 data ditemukan 3 bentuk kata, 1 bentuk kalimat, dan 111 bentuk frasa. Selanjutnya, bentuk idiom berdasarkan kelas kata terbagi ke dalam empat bentuk, yakni verba, nomina, adjektiva, dan adverbia. Idiom berkelas kata verba ditemukan sebanyak 38 data, kelas kata nomina sebanyak 53 data, kelas kata adjektiva sebanyak 18 data, dan kelas kata adverbia sebanyak 6 data, dan (ii) Jenis idiom dibagi menjadi dua jenis, yaitu idiom jenis penuh dan idiom jenis sebagian. Dari penelitian ini ditemukan 64 data idiom jenis penuh dan 51 data idiom jenis sebagian.

Kata Kunci: Idiom, Bentuk, Jenis, Semantki

 

×
Penulis Utama : Insan Gumelar Ciptaning Gusti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0216031
Tahun : 2020
Judul : Idiom Dalam Majalah Pers Mahasiswa di Universitas Sebelas Maret Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2020
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ilmu Budaya, Jur. Sastra Indonesia - B0216031 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Chattri S. Widyastuti, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.