Penulis Utama : Relin Endra Murni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0416049
Tahun : 2020
Judul : Dukungan Media Berita Sin Po Terhadap Pergerakan Indonesia Tahun 1928- 1942
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ilmu Budaya, Jur. Ilmu Sejarah - B0416049 - 2020
Subyek : SIN PO, PERGERAKAN, KEMERDEKAN, INDONESIA, TIONGHOA.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Permasalahan yang diambil pada penelitian ini yaitu 1) latar belakang berdirinya Sin Po, 2) Dukungan yang diberikan oleh Sin Po terhadap pergerakan Indonesia  tahun  1928-1941,  3)  Berakhirnya  Sin  Po  pada  masa  pemerintahan Jepang di Indonesia tahun 1942.
Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang terdiri atas Heuristik, Kritik Sumber, Interpretasi dan Historiografi. Sumber data diperoleh dari majalah atau surat kabar, jurnal ilmiah, buku referensi, dokumen, arsip, dan koran sejaman. Data yang telah terkumpul kemudian dipilah sesuai dengan tema penelitian menggunakan kritik sumber. Setelah data dipilah kemudian diinterprestasikan dan ditulis dalam bentuk tulisan sejarah sesuai dengan data yang ada.
Hasil  dari  penelitian  ini  menjelaskan  bahwa  Sin  Po  memiliki  peran penting dalam mendukung pergerakan Indonesia. Sin Po merupakan salah satu media berita Tionghoa peranakan yang berhaluan nasionalisme Tionghoa yang berani menunjukkan dukungannya terhadap pergerakan Indonesia. Melalui beberapa terbitan-terbitannya Sin Po telah membuktikan dukungannya terhadap pergerakan Indonesia. Persamaan rasa senasib dan sepenanggungan menjadi dasar simpati Sin Po terhadap Indonesia. Selain itu, keberanian yang dimiliki oleh para pemimpin Sin Po yang memungkinkan Sin Po memuat artikel-artikel yang mendukung pergerakan Indonesia. Tindakan tersebut patut untuk dihargai dalam meningkatkan semangat para kaum pergerakan Indonesia pada masa itu.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa awal berdirinya Sin Po pada tahun 1910 bertujuan untuk menyampaikan aspirasi rakyat  Tionghoa akibat diskriminasi yang dilakukan pemerintah kolonial, telah berperan penting dalam mendukung pergerakan Indonesia. Dukungan-dukungan tersebut telah disampaikan melalui terbitan-terbitan media beritanya, terutama pada tahun 1928-1941. Hingga pada akhirnya Sin Po mengalami kevakuman tahun 1942 pada saat pemerintahan Jepang memasuki Indonesia.

Kata kunci : Sin Po, pergerakan, kemerdekan, Indonesia, Tionghoa.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Tundjung Wahadi Sutirto, M.Si
2. Dra. Sawitri Pri Prabawati, M. Pd.
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya