Penulis Utama : Berliana Meisetyoningrum
NIM / NIP : C0213013
×

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana tindak tutur asertif dalam persidangan Jessica Kumala Wongso kesaksian Rangga barista kafe Olivier?; (2) Bagaimana tindak tutur direktif dalam persidangan Jessica Kumala Wongso kesaksian Rangga barista2 kafe Olivier?. Tujuan dari penelitian ini (1) Mengidentifikasi dan mendeskripsikan bentuk tindak tutur asertif dalam pesidangan Jessica Kumala Wongso kesaksian Rangga barista kafe Olivier; (2) Mengidentifikasi dan mendeskripsikan bentuk tindak tutur direktif dalam persidangan Jessica Kumala Wongso kesaksian Rangga barista kafe Olivier.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pragmatik. Sumber data penelitian ini adalah Persidangan Jessica Kumala Wongso dalam kesaksian Rangga barista kafe Olivier di youtube KOMPAS TV yang tayang pada bulan Juli  2016  yang  diunduh  dari  situs  youtube KOMPAS  TV.  Data  dalam penelitian ini berupa percakapan yang di dalamnya terdapat tuturan-tuturan yang mengandung tindak tutur asertif dan tindak tutur direktif berserta konteksnya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dengan teknik lanjutan, yaitu teknik simak bebas libat cakap (SBLC) dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan, yaitu kontekstual, cara-tujuan, dan heuristik.

Hasil penelitian ini menyimpulkan beberapa hal. Pertama, ditemukan sepuluh jenis subtindak tutur asertif dalam persidangan Jessica Kumala Wongso kesaksian Rangga barista kafe Olivier. Kesepuluh subtindak tutur tersebut yaitu, bersumpah, menginformasikan, meyakinkan, menegaskan, menyalahkan, menuduh, menyangkal, menerka, memberi tahu, dan membantah. Kedua, ditemukan tujuh subtindak tutur direktif dalam persidangan Jessica Kumala Wongso kesaksian Rangga barista kafe Olivier. Keenam subtindak tutur direktif tersebut yaitu, mempersilahkan, bertanya, menuntut, menunjukkan, meminta, dan mengingatkan.

Kata kunci    :  Tindak  Tutur  Asertif,  Tindak  Tutur  Direktif,  Jessica  Kumala Wongso

 

×
Penulis Utama : Berliana Meisetyoningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0213013
Tahun : 2020
Judul : Tindak Tutur Asertif dan Direktif Dalam Persidangan Jessica Kumala Wongso: Kesaksian Rangga Barista Kafe Olivier
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2020
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ilmu Budaya, Jur. Sastra Indonesia - C0213013 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hanifullah Syukri, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.