Penulis Utama : Rr. Tania Anjani Prabaningrum
NIM / NIP : C0916040
×

Perancangan motif ini menggunakan pengolahan visual dari tokoh wayang kulit Ramayana, yang dimana wayang sudah menjadi kebudayaan jawa yang tidak lekang oleh waktu. Kisah Ramayana merupakan kisah percintaan abadi antara Rama dan Sinta, yang didalamnya terdapat makna dan pesan moral yang bisa diterapkan sepanjang masa sehingga menarik untuk diangkat menjadi sebuah motif dengan rumusan masalah bagaimana konsep perancangan mengolah karakter tokoh wayang menjadi desain motif sebagai tas genggam untuk wanita?
Dengan  menggunakan  metode  perancangan  tekstil  yang  memenuhi  aspek
estetik, bahan, proses dan fungsi juga melalui pengumpulan data berupa observasi, kepustakaan, studi visual dan studi komparasi produk, hasil perancangan ini adalah tas genggam untuk wanita dengan motif tekstil yang mengolah visualisasi Tokoh Wayang Kulit Ramayana dengan perpaduan manual watercolor yang diolah secara digital dan dengan mempertahankan visual karakter masing-masing tokoh wayang yang kemudian menggunakan printing  ke  kain.  Kain  kemudian  diberikan  imbuhan  beading  yang memberi efek kilau serta tekstur pada kain sebelum dijahit dan disatukan dengan rangka tas yang dibuat dari kayu. Visual karakter, pendukung, dan pemilihan warna ditampilkan dengan harmonis untuk menonjolkan tiap karakter juga nilai estetis dari produk itu sendiri.

 

Kata kunci : Tas Genggam, Printing, Wayang, Watercolor Effect, Ramayana

 

×
Penulis Utama : Rr. Tania Anjani Prabaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0916040
Tahun : 2020
Judul : Tokoh Wayang Kulit Ramayana Sebagai Sumber Ide Motif Printing Tas Genggam Untuk Wanita dengan Kombinasi Teknik Beading
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak Seni Rupa dan Desain - 2020
Program Studi : S-1 Kriya Seni
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Seni Rupa dan Desain, Jur. Kriya Tekstil - C0916040 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ratna Endah Santoso, S.Sn., M.Sn.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.